GuidePedia

Boleh dikatakan ini adalah foto perintis yang menampilkan perempuan sebagai model. Foto langka yang diambil oleh Lady Clementina Hawarden salah satu fotografer pertama perempuan Inggris pada tahun 1860an. Dengan menampilkan sosok model perempuan serta busana indah, foto Lady Clementina Hawarden ini dinilai paling mempengaruhi seni rupa fotografi era Victoria.
Photobucket
lady Clementina Hawarden & Donald Cameron of Lochiel

Lady Clementina Hawarden meminta putrinya sebagai model fotonya. Lahir dengan nama Clementina Elphinstone Fleeming di Dunbartonshire tahun 1822. Clementina  adalah anak ketiga dari lima bersaudara dari seorang ayah Inggris, Laksamana Charles Elphinstone Fleeming (1774-1840), dan ibu asal Spanyol, Catalina Paulina Alessandro (1800-1880). Salah satu dari lima anak, dia dibesarkan di Cumbernauld, dekat Glasgow.
Photobucket
Putri Clementina
Photobucket
Putri Clementina
Photobucket
Putri Clementina
Photobucket
London 5 Garden Princes
Banyak kehidupan Hawarden masih merupakan misteri. Namun pada tahun 1845 Clementina menikah  dengan Cornwallis Maude Hawarden, seorang Pejabat Pengawal Hidup. Pada tahun 1856  ayah Maude yang benama  Viscount Hawarden, meninggal dan meninggalkan warisan berlimpah pada Cornwallis.


abad 21....

Beli yuk ?

 
Top