GuidePedia

Di alam semesta kita ini banyak terdapat benda-benda langit seperti planet,asteroid,bintang,galaksi dan masih banyak lagi.Dan juga ditemukan beberapa struktur yang terbesar di alam semesta.

Berikut ini beberapa struktur terbesar di alam semesta :


1 . CfA2 Great Wall

CfA2 Great Wall termasuk cluster Hercules, Coma dan Leo di sebelah kanan dari pandangan alam semesta lokal.

CfA2 Great Wall atau biasa juga disebut Coma Wall merupakan salah satu struktur terbesar di alam semesta.Struktur ini berisi filamen galaksi yang berjarak sekitar 200 juta tahun cahaya jauhnya dan memiliki panjang lebih dari 500 juta tahun cahaya,lebar 300 juta tahun cahaya dan tebal sekitar 16 juta tahun cahaya.filamen galaksi ini termasuk superkluster Hercules,superkluster Coma dan kluster Leo.

Struktur ini ditemukan oleh Margaret Geller dan John Huchra dari Harvard pada tahun 1989 berdasarkan data redshift survey dari CfA Redshift Survey.

Tidak diketahui seberapa jauh dinding ini meluas karena terhalangi oleh bidang galaksi Bima Sakti di mana Bumi berada.Gas dan debu dari Bima Sakti (dikenal sebagai Zona Avoidance) mengaburkan pandangan astronom dan sejauh ini mustahil untuk menentukan apakah dinding itu berakhir atau masih lebih panjang.

Dalam model standar evolusi alam semesta, struktur seperti bentuk Great Wall membentuk bersama dan mengikuti seperti string dari materi gelap.Diperkirakan bahwa materi gelap menentukan struktur alam semesta pada skala termegah.


2 . Sloan Great Wall (SGW)

The Sloan Great Wall di rekonstruksi menggunakan DTFE bagian dalam dari Survei Redshift Galaxy 2DF

Sloan Great Wall (SGW) adalah struktur kosmik yang dibentuk oleh dinding raksasa galaksi (filamen galaksi).Sebelum penemuan LQG pada bulan januari 2013,SGW merupakan struktur terbesar di alam semesta.Temuan ini diumumkan di Princeton University pada tanggal 20 Oktober 2003, oleh J. Richard Gott III, Mario Juric berdasarkan data dari Sloan Digital Sky Survey.

Struktur ini  memiliki panjang sekitar 1,38 miliar tahun cahaya dan terletak sekitar satu miliar tahun cahaya dari Bumi. Sloan Great Wall 2,74 kali lebih besar dari CfA2 Great Wall of galaxies yang ditemukan oleh Margaret Geller dan John Huchra dari Harvard pada tahun 1989.

SGW berisi beberapa superkluster galaksi,dan yang terbesar dan terkaya bernama, SCl 126.Superkluster ini terletak di wilayah struktur kepadatan tertinggi.Superkluster ini memiliki ukuran yang sama dengan superkluster SCl 111.


3. Large Quasar Group (LQG)



Dan pemenangnya adalah LQG,grup quasar ini merupakan struktur terbesar di alam semesta yang ditemukan saat ini.

http://astronesia.blogspot.com/
LQG berada dalam lingkaran

Para astronom telah menemukan struktur terbesar yang diketahui di alam semesta yakni gumpalan inti galaksi aktif yang membentang 4 miliar tahun cahaya dari ujung ke ujung.Struktur ini merupakan large quasar group (LQG), yang terdiri dari inti galaksi yang sangat terang didukung oleh lubang hitam supermasif di pusatnya.Kelompok ini begitu besar sehingga menantang teori kosmologi modern, kata para peneliti.

Beli yuk ?

 
Top