GuidePedia

Pasar perumahan benar-benar jatuh jika instalasi seni ini adalah sesuatu yang akan menjadi trend sebuah pondok 70.000 dibangun untuk terlihat seolah-olah ia mendarat di atas sebuah gedung universitas.

Karya yang aneh, di University of California, San Diego, tampak seperti sebuah adegan dari Wizard of Oz seolah-olah tornado menyeret rumah tersebut sepanjang jalan dari Kansas hingga hinggap di gedung universitas.

Tapi pondok seukuran sebenarnya inin dikenal sebagai Falling Star (Bintang Jatuh) dan merupakan puncak dari tujuh tahun kerja oleh seniman Do Ho Suh.

[imagetag]
Rumah di sisi University of California, San Diego

Falling Star dibangun di atas gedung Teknik di universitas disangga pada sudut dari lantai tujuh gedung.

Dibangun sebagai replika ukuran tiga perempat dari rumah di Providence, Rhode Island, dan telah diselesaikan musim gugur yang lalu sebelum akhirnya diangkat 100 kaki ke atas dengan derek terbesar di Amerika.

Rumah itu telah dilengkapi dan dihias. Kebun sedang dikembangkan: Ada pohon plum, pohon anggur wisteria, tomat dan banyak lagi. Lampu berkedip pada malam hari; TV juga. Dan uap, simulasi asap, kadang naik dari cerobong asap.

Pengunjung kagum dengan detail kecil dari dekorasi rumah termasuk foto keluarga dan remote control dan sungguh senang oleh pemandangan menakjubkan ini meskipun beberapa melaporkankan karena menderita vertigo.

[imagetag]
Falling Star dibangun di atas gedung teknik universitas

[imagetag]
Gedung dibangun seolah-olah tersangkut di atas gedung

[imagetag]
terlihat seperti sebuah adegan dari Wizard of Oz

[imagetag]
Interior di dalamnya pun sangat detil, karya seni dari Do Ho Suh

Yang penting, instalasi sesuai dengan kode bangunan gempa bumi California dan dibangun untuk menahan angin 100mph. Tebal dasarnya adalah 18in, dibandingkan dengan 4in pada rumah biasa, tetapi pengunjung secara perseptual akan tertipu merasa seperti mereka jatuh.

Suh mengatakan ia ingin melihat pengunjung, terutama siswa, nyambung dengan karyanya. Ketika Seniman Korea kelahiran pertama datang ke Amerika Serikat, untuk belajar di Sekolah Rhode Island of Design tahun 1991, ia mengingat merasa "seolah-olah ia dijatuhkan dari langit." Dia harus menyesuaikan secara fisik dan mental.

Maria Beebe, direktur Koleksi Stuart di UC San Diego, memberikan komentar atas karya seni ini.

Dia berkata: "Saya berharap bahwa ide-ide ini relevan bagi siswa, banyak di antaranya telah meninggalkan rumah mereka untuk pertama kalinya dan datang dari jauh. "Home" dari mana kita berasal, dimana kita dan bagaimana kita sampai di sini adalah pertanyaan yang kita semua bisa renungkan ".

Proyek ini didukung sepenuhnya oleh sumbangan pribadi ke Koleksi Stuart dan hibah $90.000 dari National Endowment for the Arts.

Beli yuk ?

 
Top