GuidePedia


Coba Perhatikan Boi Sisi dekat bulan (kanan) lebih halus dari sisi yang jauh (Kiri)

Bumi mungkin pernah memiliki dua bulan, tapi salah satunya hancur dalam tabrakan "gerak lambat" yang menyisakan Hanya Satu Bulan, menurut para ilmuan.

Para astronom telah lama dibingungkan oleh perbedaan antara sisi bulan, Sisi Jauh Bulan Selalu Menghadap bumi Sedangkan sisi Dekat Bulan yang selalu menjauh Bumi. Topografi sisi dekat relatif rendah dan datar, sedangkan yang dari sisi yang jauh tinggi dan pegunungan dengan kerak lebih tebal.

Menurut Teori Model komputer baru, perbedaan ini dapat dijelaskan jika "pendamping bulan" bertabrakan dengan sisi jauh bulan pada awal sejarahnya. Untuk teori yang ada, bulan yang lebih kecil harus telah jatuh ke dalam Bulan yang lebih besar (Bulan yang ada saat ini) sekitar 4.400 mil (7.081 kilometer) per jam.

"Ini adalah tabrakan paling lambat, mungkin kedua bulan bisa saja mereka jatuh ke gravitasi masing-masing," jelas rekan penulis studi Asphaug Erik, seorang ilmuwan planet di Universitas California, Santa Cruz (UCSC).

Pada kecepatan ini relatif lambat, tabrakan sisi jauh tidak akan cukup kuat untuk mencairkan batu atau mengukir sebuah kawah. Tapi itu akan cukup kuat untuk bahan plester dari bulan yang lebih kecil ke bulan yang lebih besar.

"Ini seperti kecelakaan mobil, di mana Anda memiliki bumper kusut tetapi Anda tidak meleleh mobil karena mereka bertabrakan," kata Asphaug. "Ini adalah fenomena yang sama."

Tabrakan bulan Membuat Hujan Meteor

Teori baru, dengan Asphaug dan UCSC peneliti postdoctoral Martin Jutzi, secara rinci dalam edisi terbaru jurnal Nature.

Menurut model mereka, dua bulan hidup berdampingan secara damai selama sekitar 80 juta tahun, masing-masing stabil di orbit mereka sendiri. Kedua bulan Memiliki warna yang sama dan komposisi yang sama, tapi hanya ada perbedaan ukuran, yaitu Ada salah satu bulan yang sekitar tiga kali lebih besar daripada yang lain, kata Asphaug.

"Bulan Kita tampak seperti piring makan besar di langit ... dan ketika hal itu terjadi, bulan lainnya berpindah sekitar 60 derajat," katanya.

Periode singkat bulan harmoni hancur, menurut model, ketika interaksi gravitasi alam dengan Bumi menyebabkan kedua bulan melayang jauh dari planet kita (bumi). Gravitasi matahari kemudian mendestabilisasi orbit bulan yang lebih kecil dan menyebabkannya jatuh ke Bulan yang lebih besar.

Meskipun tidak sangat Kuat, tabrakan akan mengeluarkan triliunan ton puing bulan ke ruang angkasa, menutupi kedua bulan selama beberapa hari.

"Ketika tiada debu lagi, Anda memiliki satu bulan yang mungkin tampak mirip ke bulan kita saat ini," kata Asphaug.

Sampai satu juta tahun setelah peristiwa itu, Bumi akan dibombardir oleh bit bulan dari berbagai ukuran, yang terbesar mungkin sebesar 62 mil (100 kilometer).

"Anda akan melihat meteor menghujani seluruh langit untuk jangka waktu yang panjang," kata Asphaug, meskipun amungkin Belum Ada kehidupan di Bumi yang memungkinkan untuk menyaksikan pertunjukan langit yang luar biasa ini.

Astronom Jeffrey Taylor dari University of Hawaii mengatakan teori bulan baru sangat menarik dan layak diselidiki lebih lanjut.

Asphaug dan model Jutzi tidak hanya menyumbang teori bulan, kata Taylor, tetapi temuan ini juga menjelaskan nasib satelit kecil pendamping (Bulan kecil).

Salah satu teori terkemuka bagaimana bulan kita terbentuk adalah Bulan lahir setelah sebuah planet seukuran Mars menabrak Bumi sesaat setelah pembentukan tata surya sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Para ilmuwan berpikir menghancurkan sebelumnya menciptakan sebuah cincin dari puing-puing batuan cair di sekitar Bumi, yang akhirnya menyatu ke dalam tubuh, termasuk bulan kita saat ini.

Tapi "kalau itu kasus, apa yang terjadi [untuk bulankecil] Ini adalah satu hal yang bisa terjadi pada mereka,?" Kata Taylor, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun, Teori baru ini tidak tanpa masalah. Misalnya, tidak menjelaskan mengapa sisi jauh kental bulan kita menunjukkan mengandung banyak unsur aluminium, Kata Taylor.

Jika dua bulan telah terbentuk dari bahan yang sama, seperti yang diasumsikan, pendamping bulan (Bulan Kecil) dan splatterings-harus yang telah rendah dalam aluminium, seperti interior bulan kita sendiri.

Namun, masalah ini bisa diselesaikan oleh penelitian bulan depan, kata Taylor, dan itu bukan alasan yang serius untuk mengabaikan teori ini.

"Apapun itu," katanya, "ini Hanya akan membuka masalah yang lebih Baik untuk dikerjakan."




Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Beli yuk ?

 
Top