GuidePedia

Apa pun yang dibangun atau diperoleh dengan cara tidak sah atau haram, baik haram menurut hukum agama maupun haram menurut hukum negara, pastilah akan menimbulkan siksaan, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat.

Itulah sebabnya kaum muslimin diingatkan betul agar berhati-hati dari makanan maupun perilaku haram. Kalau makanan dan perilaku kita bersih, kita bisa menikmati hidup dengan tenang dan bisa melahirkan keturunan yang baik-baik dan membanggakan. Pernah mendengar nama Syech Abdul Qodir Jailani? Dia adalah hasil dari keluarga yang sejak awal menjaga diri dari makanan dan perbuatan yang haram.

Saat muda, Sayyid Muhammad Sholeh selalu menjaga diri dari makanan yang haram.Pada suatu hari,karena kehausan yang luar biasa saat jadi musafir, dia datang ke satu sungai yang airnya sangat jernih untuk minum. Tiba-tiba ada sebuah apel yang mengapung di depannya dan dia memungut lantas menggigitnya dengan spontan. Tapi begitu gigitan pertama itu sampai di lehernya, sang Sayyid kaget luar biasa.

“Astaghfirullah, saya telah memakan apel tanpa izin dari pemiliknya, ini haram,” serunya. Dia bertekad meminta maafdan penghalalan dari pemiliknya. Tapisiapakahpemilikbuahapel itu? Maka menyusurlah dia ke hulu sungai untuk mencari tempat atau orang yang apelnya jatuh menggelinding ke sungai sampai akhirnya dia menemukan sebuah pohon apel di tepi sungai. Dicarilah pemilik pohon itu sampai ketemu.

“Tuan, saya telah memakan apel secara haram. Sebuah apel jatuh ke sungai dari pohon milikmu dan saya telah memakannya tanpa hak. Saya minta dihalalkan dan saya bersedia dihukum dengan apa saja,” kata Sayyid Muhammad Sholeh. Pemilik pohon apel tertarik atas kesalehan tamunya yang masih muda.“Saya akan maafkan kamu dari ketelanjuranmu memakan apel dari pohon apel saya dengan syarat kamu bekerja di kebun apel saya selama 10 tahun.

Karena ingin membersihkan darahnya dari noda makanan tidak halal, Sayyid Muhammad Sholeh menyatakan bersedia menjadi pekerja di kebun apel itu selama 10 tahun. Setelah selesai penebusan kerjaselama 10 tahun, diapamit kepada pemilik pohon apel itu. “Saya telah melaksanakan hukuman, halalkan apel yang telanjur saya gigit 10 tahun yang lalu.

Kini saya mau pulang,” kata sang Sayyid.Tapi sang pemilik pohon apel menjawab, “Saya belum bisa mengikhlaskan apel yang kamu makan tanpa izin saya. Kamu harus bekerja lagi selama dua tahun di kebun apel itu.”Karena ingin darahnya bersih dari makanan yang tidak halal,Sayyid Sholeh bersedia bekerja lagi selama dua tahun di kebun apel.

Setelah lewat dua tahun, artinya sesudah bekerja di kebun apel selama 12 tahun,kembali sang Sayyid minta pamit dan minta agar apel yang telanjur dimakannya dihalalkan. Tapi pemilik kebun apel itu lagi-lagi menjawab, “Apel yang telanjur kamu makan akan saya halalkan kalau kamu mau menikahi putri saya.Putri saya itu keadaannya buta dan tuli.” Lagi-lagi, demi menjaga darahnya dari makanan yang tidak bersih, Sayyid Sholeh bersedia mengawini putri yang,katanya,buta dan tuli itu.

Namun, subhanallah, putri yang katanya buta dan tuli itu adalah putri yang sangat cantik jelita, tidak buta dan tidak tuli. Namanya Sayyidah Ummul Khair Fathimah.“Ummul Khair itu buta dari hal-hal yang jelek dan tuli karena tidak mau mendengar dan ngomongin kejelekan orang. Dia sama dengan kamu, tak pernah makan dari makanan yang haram sedikit pun,” kata pemilik kebun apel itu kepada Sayyid Sholeh. Menikahlah Sayyid Sholeh dengan Sayyidah Ummul Khair Fathimah.

Dari pernikahan keduanya lahirlah Syech Abdul Qodir Jailani yang sangat terkenal sebagai sufi, peletak dasar-dasar dan pengembang ilmu tasawuf yang karya-karyanya sangat banyak dan selalu dibaca orang sampai sekarang dengan pengikut puluhan bahkan ratusan juta orang.Dari makanan yang bersih dan tidak subhat itulah lahir manusia yang begitu luar biasa kecerdasan dan kesalehannya. Mumpung ini bulan puasa, mari kita jaga diri kita dari makanan dan perbuatan yang haram. Kata Nabi Muhammad Rasulullah,“Bagi apa pun yang tumbuh dari yang haram itu, maka neraka (siksaan) berhak atasnya,maanabataminharaam fan naaru ahaqqu bihi.

” Kalau Anda kotori darah Anda atau keluarga Andadenganyangharam, maka panas neraka, siksaan lahir dan batin akan menimpa Anda dan keluarga. Neraka tidak hanya di akhirat,tetapi juga serangan panas di dunia. Pokoknya, yang haram itu pasti membuat panas dan tak nyaman.Cobalah Anda makan barang haram semisal hasil korupsi, sekecil apa pun,maka hidup Anda akan panas,tersiksa, dan selalu dihantui oleh ketakutan dan kegelisahan. Kalau rumah Anda dibangun dengan barang haram, rumah itu tidak akan pernah nyaman untuk dihuni. Pun kalau Anda naik mobil yang diperoleh secara haram pastilah naik mobil itu juga tidak nikmat dan menggelisahkan. Selamat melanjutkan ibadah puasa.●

sumber
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top