GuidePedia




Jakarta - Vokalis band U2 asal Irlandia, Bono tercatat sebagai musisi dengan nilai kekayaan tertinggi pasca pelepasan saham Facebook ke Bursa Wall Street Jumat (18/5/2012) kemarin. Kekayaan Bono mencapai USD 1,5 miliar dari kepemilikan 2,3% saham Facebook.

Bono menjadi salah satu investor Facebook sebelum perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini go public. Namun belum diketahui pasti nilai kekayaan pribadi Bono atas saham Facebook, karena investasi yang ia lakukan di 2009 melalui satu perusahaan, Elevation Partners.

Seperti dilansir majalah NME dan dikutip New York Post, kekayaan Bono dari kepemilikan saham Facebook berlipat dari tiga tahun sebelumnya yang hanya USD 90 juta.

Nilai kekayaan Bono dari saham Facebook jauh melebihi hasil penjualan album U2, termasuk tur konser dunia ban itu selama dua tahun yang masing-masing USD 195 juta dan USD 900 juta.

Bono pula dikatakan sebagai musisi dunia dengan kekayaan tertinggi saat ini. Nilai kekayaan vokalis U2 ini bahkan mengalahkan Paul McCartney yang diperkirakan mencapai USD 1 miliar.

Meski telah menjadi orang kaya baru, Bono tidak lantas pensiun. Kabar teranyar, U2 tengah menyiapkan album baru melalui kolaborasi. Bang ini kembali ke studio setelah album terakhir mereka 'No Line On The Horizon'," kata salah seorang sumber seperti dikutip dari New York Post, Minggu (20/5/2012)

Pada listing perdananya, kinerja saham Facebook terbilang mengecewakan. Saham ini pada awal perdagangan naik 11% ke level USD 38,23 per saham, dan naik terus menjauhi harga perdananya USD 38 per saham.

Namun di akhir perdagangan, kenaikan saham Facebook malah melemah dan 25% saham yang diperdagangkan di bursa malah dijual investor. Saham berkode 'FB' ini hanya naik 37 sen atau 0,97% di atas harga perdananya US$ 38 per lembar, atau di bawah ekspektasi investor.

Tidak cemerlangnya saham 'FB' ini disinyalir karena sentimen negatif akan ketakutan krisis di Eropa. "Banyak pihak khawatir akan krisis perbankan di Eropa yang akan memberikan efek terhadap perekonomian global dan pasar saham global," kata analis Neil MacKinnon seperti dikutip dari AFP, kemarin.

Dengan harga IPO USD 38 per lembar saham, Facebook memecahkan rekor pendapatan dalam sejarah 100 kali lebih tinggi, melawan Apple yang hanya 14 kali dan Google inc's 19 kali.

Facebook menjadi perusahaan jejaring sosial paling mahal dalam sejarah IPO perusahaan web AS, mengalahkan nilai Google pada 2004 yang mencapai USD 23 miliar.

Facebook diperdagangkan dengan kode FB di Nasdaq. Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg masih jadi pemegang saham mayoritas dengan porsi 57,3%

sumber : Detikinet

Beli yuk ?