GuidePedia

Liburan Paskah kali ini Anda bisa memilih Ukraina sebagai tempat berlibur. Selain bisa merayakan Paskah, Anda juga bisa melihat tradisi membuat Pysanka, telur Paskah ala Ukraina.

[imagetag]

Umat Kristiani memaknai telur sebagai simbol Yesus keluar menyongsong hidup baru dari kebangkitannya. Oleh sebab itu, keberadaan telur paskah selalu menghiasi kemeriahan Paskah.

Selain memiliki makna yang istimewa, warna-warni dan motif telur Paskah memiliki daya tarik tersendiri. Ragam motif, bentuk lukisan, dan warna yang digunakan memberikan kesan cantik dan unik untuk telur-telur ini. Seperti halnya telur Paskah yang dimiliki oleh Ukraina.

[imagetag]

Ukraina mempunyai telur Paskah yang berbeda dan unik. Telur paskah nan unik dan cantik ini lebih dikenal dengan nama Pysanka. Sama dengan telur paskah lainnya, Pysanka terbuat dari telur yang direbus kemudian cangkang telurnya dihias membentuk sebuah motif yang berwarna-warni. Namun, ada yang membedakan Pysanka dengan telur paskah lainnya, yaitu bentuk motif dan bahan dasar yang dipergunakan untuk menghias Pysanka.

Motif-motif yang digunakan pada Pysanka umumnya bermotif tradisional khas rakyat Ukraina. Motif-motif yang digunakan umumnya berbentuk simbol-simbol yang aneh. Konon simbol-simbol tersebut memiliki nama dan arti yang bervariasi dari setiap daerahnya. Dalam desain khas rakyat Ukraina terdapat ribuan motif yang terbagi dalam kelompok. Beberapa kelompok motif di antaranya, geometrik, keabadian, simbol Kristen, motif bangunan, buah, bunga, hewan, dan masih banyak lagi.

[imagetag]

Pembuatan Pysanka sendiri biasanya dilakukan selama satu minggu terakhir prapaskah atau pekan suci. Selama pertengahan musim semi, para wanita mulai memilih telur-telur yang paling bagus dan sempurna untuk dihias. Sampai pada era modern ini, tradisi membuat Pysanka masih terus dilakukan. Hanya saja unsur-unsur tradisionalnya sudah banyak yang ditinggalakan dan beralih ke cara yang lebih baru dan modern.

Pysanka kini memakai pewarna anilin beraneka warna. Alat untuk membuat motif pada cangkang telur yang terrbuat dari kuningan dan kayu kini sudah tersedia versi listriknya. Keunikan Pysanka dari Ukraina selalu menyihir wisatawan yang berkunjung ke sana saat paskah.

Kota yang paling cocok untuk melihat tradisi Paskah di Ukraina adalah Kolomyia di Ukraina Barat. Di sana wisatawan tidak hanya bisa melihat-lihat telur Paskah. Mereka bahkan bisa berkunjung ke museum telur Paskah, Pysanka Museum yang sudah dibuka sejak tahun 2000.

Jadi, bila Anda ingin suasana paskah yang berbeda, Ukraina bisa menjadi pilihan yang tepat. Negara asal Pysanka ini bisa menljadi destinasi liburan yang menarik untuk Anda, keluarga, dan teman.
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top