GuidePedia

0
[imagetag]
Tanggal tua sampai kantung cekak bukan alasan untuk tidak berwisata. Minimal menikmati akhir pekan dengan melakukan wisata.

Kegiatan berwisata terdengar sepele, namun nyatanya wisata sangat penting untuk kebutuhan jasmani dan rohani seseorang. Apalagi setelah melakukan rutinitas selama seminggu penuh, wisata di akhir pekan jadi kebutuhan untuk membuat pikiran dan tubuh rileks kembali.
Berwisata tak harus mengeluarkan uang banyak dan menempuh jarak yang jauh dari rumah Anda. Bukalah mata Anda dan cari hal-hal di dekat Anda yang bisa Anda lakukan untuk berwisata murah bersama keluarga. Berikut beberapa ide dan tips berwisata dengan modal uang di bawah Rp 100.000.

Kunjungi museum. Museum di Indonesia masih menerapkan tiket masuk yang sangat murah. Tak perlu heran jika Anda menemukan museum dengan biaya masuk sekitar Rp 1.500 atau Rp 2.000. Jika Anda bukan penggemar museum, ini waktunya Anda menjelajahi museum yang berada di dekat rumah Anda.


Bila Anda penggila museum, carilah museum yang berada agak jauh dari rumah Anda namun masih mudah untuk ditempuh dengan kendaraan umum. Misalnya, Anda tinggal di Bogor, Anda bisa saja naik kereta ekonomi menuju Jakarta untuk melihat museum-museum di daerah kota tua Jakarta.

Taman dan Kebun Binatang. Anda bisa menghabiskan waktu di taman terdekat dengan rumah Anda. Bisa juga dengan menyambangi kebun binatang. Carilah tempat-tempat asri nan rindang yang penuh dengan nuansa alami.


Bawa buku yang sudah lama tak pernah Anda baca. Lalu nikmati makanan ringan sambil membaca di bawah pohon rindang. Atau, bawa buku tulis dan mulailah menulis.


Hindari membawa laptop atau peralatan elektronik lainnya. Karena peralatan elektronik hanya membuat Anda mengingat pekerjaan. Matikan sementara handphone Anda. Jika kebun binatang pilihan Anda, maka ajak keluarga besar berkeliling kebun binatang lalu diakhiri piknik bersama.

Belanja di pasar. Pasar tradisional selalu menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika Anda tipikal yang lebih sering ke supermarket. Cari pasar terdekat dari rumah Anda atau pasar yang memang sudah lama Anda incar. Lalu bawa uang terbatas, yaitu hanya uang untuk transportasi dari dan menuju rumah Anda, serta tambahan uang Rp 50.000 untuk berbelanja.


Jangan bawa uang untuk belanja lebih dari Rp 50.000 ini. Sebab, di sinilah titik menariknya. Anda harus bisa berbelanja barang-barang yang Anda minati kurang dari Rp 50.000. Keterampilan Anda menawar akan teruji saat berbelanja di pasar tradisional.

Pijat refleksi. Wisata spa memang menyenangkan. Namun, harganya seringkali tak menyenangkan kantung Anda. Nah, Indonesia surganya tempat pijat. Anda bisa saja mampir ke tempat pijat refleksi. Harganya pun murah hanya mulai dari Rp 35.000.


Namun, pilihlah tempat pijat refleksi yang sudah direkomendasikan. Selain itu, beberapa tempat pijat tak hanya memijat tangan dan kaki. Jika beruntung, Anda dapat menemukan tempat pijat refleksi yang akan memijat tubuh, tangan, dan kaki, dengan harga yang sama.

Bermain air. Air selalu memberi efek menenangkan. Jika rumah Anda dekat pantai, berenang di laut selalu menjadi kegiatan mengembirakan, walaupun Anda sering melakukannya. Namun, bila rumah Anda tak dekat pantai, cari saja kolam renang umum. Waterpark memang bisa menjadi pilihan bermain-main air, hanya saja harga tiket masuknya lumayan mahal. Kolam renang umum bisa menjadi pilihan bermain-main air tanpa mengeluarkan uang terlalu banyak.

Gunakan transportasi umum. Agar lebih hemat dalam biaya transportasi, gunakan transportasi umum. Oleh karena itu, pilih obyek wisata yang dekat rumah Anda.


Walau begitu, tidak masalah jika tempat wisata Anda agak jauh dari rumah. Namun pastikan, akses transportasinya mudah dan tidak terlalu banyak perlu berganti-ganti kendaraan umum.

Bawa bekal dari rumah. Bawalah minuman dan makanan dari rumah. Sehingga dapat lebih berhemat dibanding harus jajan di warung apalagi restoran dekat tempat wisata. Minimal bawalah air mineral sendiri dari rumah.

Payung dan obat. Cuaca akhir-akhir ini sering hujan, maka bawalah payung saat berwisata. Pilihan lain adalah pergi di pagi hari saat cuaca masih cerah.

Selain itu, bawalah obat-obatan seperti obat sakit kepala dan balsem atau minyak kayu putih. Hal ini lebih memudahkan daripada Anda harus membelinya di warung jika sewaktu-waktu Anda sakit kepala.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top