GuidePedia

0
Cuaca panas yang kini sedang dialami beberapa negara termasuk Indonesia, mau tidak mau menuntut kita untuk selalu waspada akan terjangkitnya suatu penyakit. Pada kasus-kasus yang serius, hawa panas juga dapat membuat Anda sakit parah.

Dr. Janyce Sanford, Kepala Pengobatan Kedaruratan di Universitas Alabama Birmingham mengatakan, gangguan akibat panas dapat dimulai dari kram.

“Ketika berlanjut, tahap berikutnya adalah kelelahan. Gejalanya mungkin akan berkembang menjadi sakit kepala, mual, muntah, dan merasa kelelahan yang parah,” ujarnya.
Penyakit yang paling parah yang berhubungan dengan hawa panas adalah heatstroke. “Ketika anda mencapai titik ini, suhu tubuh yang sangat tinggi menyebabkan perubahan mental, pusing dan akhirnya dapat menyebabkan hilangnya kesadaran,” kata Sanford.

“Otot-otot dapat mulai memecah, menyebabkan gagal ginjal, ini membuat heatstroke menjadi penyakit yang mengancam nyawa,” lanjutnya.

Menurut data US Center for Disease Control and Prevention (CDC), antara tahun 1979 dan 2003, paparan hawa panas telah membunuh 8.150 jiwa di Amerika Serikat. Angka ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah akumulasi korban meninggal akibat badai, halilintar, tornado, dan banjir. Lihat yg lebih 'panas' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top