GuidePedia

0

Bila Anda menganggap perawatan kebersihan lensa kontak yang Anda gunakan telah menjamin higienitas lensa kontak yang Anda gunakan, perhatikan kembali. Penelitian menunjukkan hanya segelintir pemakai lensa kontak yang membersihkan lensa kontak sesuai anjuran.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Optometry and Vision Science menunjukkan, hanya dua persen pengguna yang melakukan perawatan yang menjamin higienitas. Meski begitu, lebih dari 80 persen percaya mereka telah membersihkan lensa kontak sesuai petunjuk.

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan pengguna lensa kontak adalah tidur dan berenang mengenakan lensa kontak. Selain itu, menggunakan lensa kontak lebih lama daripada waktu yang disarankan adalah 'dosa' yang paling jamak dilakukan. Kesalahan lainnya, tidak menggunakan cairan pembersih lensa setiap hari serta jarang mengganti lensa kontak.

"Penggunaan lensa kontak umumnya disarankan selama dua minggu, tetapi orang sering menggunakan selama tiga minggu, bahkan satu bulan. Ini dapat menyebabkan gangguan pada mata," ujar Randall Fuerst, OD, juru bicara Asosiasi Optometrik Amerika, seperti dikutip WebMD.
Dalam studi terbaru, 72 persen dari pemakai lensa kontak yang disurvei mengatakan bahwa mereka merasa tak nyaman saat memakai lensa, dan 47 persen melaporkan mengalami infeksi akibat pemakaian lensa kontak.

Tak memperhatikan kebersihan lensa kontak dapat menimbulkan masalah ringan pada mata termasuk konjungtivitis atau peradangan yang dikenal dengan 'mata merah'. Gangguan ini disebabkan infeksi bakteri. Umumnya, menggunakan obat tetes mata selama beberapa hari dapat menyembuhkan keluhan.

Namun, infeksi bakteri Acanthamoeba, pseudomonas dan E. coli bisa berdampak pada gangguan pandangan hingga merusak indera penglihatan. "Kami melihat pasien yang mengalami ulkus pseudomonas dengan mata bernanah berwarna hijau dan abu-abu dan bisa menyebabkan kebutaan," kata peneliti studi Dwight Cavanagh, seorang profesor optalmologi di UT Southwestern Medical Center.

"Infeksi amuba saat berenang tanpa melepas lensa kontak berakibat sangat membahayakan, " ia menambahkan.

Untuk meminimalkan risiko komplikasi, ada beberapa tip menjaga kesehatan mata dan kebersihan lensa kontak, yaitu:

- Selalu gunakan sabun dan air untuk mencuci tangan dan pastikan tangan telah dikeringkan dengan handuk bebas serat sebelum memegang lensa.
- Hindari persentuhan lensa kontak dengan air seperti melepas lensa sebelum mandi dan berenang.
- Jangan mencuci dan menyimpan lensa dalam air, baik air steril maupun yang telah disentuh.
- Jangan membasahi lensa kontak dengan air liur
- Cairan solusi dan larutan pembasah tidak dimaksudkan untuk mensterilkan lensa kontak
- Buang lensa lama sesuai anjuran dokter dan perawatan mata
- Cuci lensa dengan pembersih khusus, dan simpan lensa di tempat bersih khusus
- Ganti lensa kontak Anda setidaknya setiap tiga bulan. [sumber]

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?