GuidePedia

0
 http://www.allartnews.com/wp-content/uploads/2010/02/An-iron-red-and-underglaze-blue-porcelain-dragon-snuff-bottle.-Imperial-kilns-Jingdezhen-17361795.jpg

Dengan tinggi hanya tiga inci, miniatur botol tembakau Cina mengejutkan dunia seni setelah laku dijual seharga 2 juta poundsterling (Rp 28,6 milliar).

Para kolektor sepertinya begitu ingin memiliki artefak yang sangat berharga ini, dan saling bersaing dalam penawaran sehingga membuat harganya naik lima kali lipat dari perkiraan pra-penjualan 400 ribu poundsterling (Rp 5,7 milliar).


Barang antik dari abad ke-18 ini akhirnya berhasil menjadi milik seorang kolektor swasta di Asia melalui telepon seharga 2 juta poundsterling, menghancurkan rekor dunia untuk sebuah botol tembakau yang sebelumnya dicetak 18 bulan lalu.

Botol tembakau ini dihiasi dengan adegan dekoratif lanskap Cina dan potret seorang wanita muda, serta memiliki sumbat botol dari mutiara. Botol ini diciptakan dalam bengkel Istana Kekaisaran di Peking (sekarang Beijing) selama pemerintahan Kaisar Qianlong.

Alasan kenapa botol-botol tembakau ini menjadi incaran para kolektor karena para pengrajin masing-masing menggunakan berbagai macam teknik berebeda untuk membuat setiap objek.

Jade, kaca, gading, pernis, porselin, perunggu, perak dan batu, adalah bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan warna-warna cerah yang menghias masing-masing objek.

Diketahui, tembakau menjadi populer di Cina selama awal abad ke-17 dan selama pemerintahan Kaisar Qianlong antara tahun 1736 dan tahun 1795, produksi botol tembakau in berada di puncaknya.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top