GuidePedia

RINJANI 24 Juni - 4 Juli 2011

Bersama menggapai punggung - punggung indah

Numpang share ya gan

Niat awal tadinya mau ngesot ke Semeru,eh pas H-2 ada gosip2 si gunung batuk2, berhubung udah terlanjur cuti,ya udah ane banting setir ke Rinjani aja..hehe

Jumat 24 Juni

Jam 11.00 sampe stasiun Pasar Senen

Trus beli tiket Ekonomi Stasiun Pasar Senen - Surabaya (gubeng) harga tiket Rp.36.000..berhubung kehabisan tiket,ane beli di calo Rp.50.000 kereta berangkat jam 12.30 sampe surabaya Sabtu 25 Juni jam 03.30..enaknya naik Ekonomi,banyak yang dagang, jd ga mungkin kelaperan :D
Perjalanan kereta:

Sabtu 25 Jun,Jam 03.30 Tiba di Stasiun gubeng
Trus jalan keluar cari angkot jurusan Terminal bungurasih ongkos Rp.3000 lama perjalanan 15 mntan...temen ane nyaris dicopet di angkot, dari pemberhentian angkot nyebrang ke terminal, cari bus jurusan Banyuwangi, ane sempet ditipu calo, walhasil ane salah naik bus, jadi ane naik bus ke Probolinggo (ongkos Rp 32.000) trus baru sambung bayuwangi (lama perjalanan Surabaya – Probolinggo +/- 4 jam), Sampe Probolinggo ane cari bus yg jurusan Banyuwangi, untung ane ketemu supir bus yg baik hati, ane di kasih diskon tarif normal Rp.30.000 ane dapet diskon jadi Rp.15.000 (cz dia pernah ngerasain jadi backpacker juga katanya)

//Sebenernya kalo dari stasiun Surabaya bisa juga naik kereta ke Banyuwangi..tapi jadwal keretanya paling cepet jam 9.00 dari Surabaya gubeng,jadi ane daripada nunggu dari jam 3.30 sampe kereta dateng jam 9.00,,ane mutusin menggunakan bus//

//Jarak Stasiun Banyuwangi ke pelabuhan Gilimanuk (Jalan kaki 10mnt)//

//Jarak Terminal banyuwangi ke pelabuhan Gilimanuk (5mnt naik Ojek)//

Dari terminal bus Banyuwangi naik ojek ke Pelabuhan Gilimanuk Rp.5000 (lama perjalanan 5mnt)…Dari pelabuhan Gilimanuk nyebrang pake kapal Ferry ke pelabuhan Ketapang Rp.6000 (lama perjalanan 30mnt),kapal ferry ada tiap 1 jam, pas udah sampe Ketapang jangan lupa jam di setting ulang karena perbedaan waktu (WIB & WITA)..satu lg yg penting siapin KTP..soalnya pas sampe pelabuhan..kita wajib periksa KTP..klo ngga ada kita pasti ga boleh masuk BALI…dari pelabuhan Ketapang kita jalan sedikit ke Terminal kecil (jalan kaki 10mntan)…dari Teminal kecil cari angkot yg jurusan Terminal Ubung Rp.25.000 (lama perjalanan 4 Jam,soalnya agak macet)
Stasiun-terminal-pelabuhan:

Bali
Minggu 26 Juni

Jam 00.10 sampe pelabuhan Padang Bai

Tidur2an dulu + charge HP di loket “minta izin dulu ke petugas” soalnya tiap jam ada kapal buat nyebrang jd bisa santai…jam 2.00 naik kapal nyebrang ke pelabuhan Lembar (Lombok) Rp.35.000 (lama perjalanan 5 Jam)..

Jam 7.00 sampai di Pelabuhan Lembar, isi perut dulu di parkiran terminal cukup murah Rp.10.000 (Telor+tempe+udang+kerupuk+the manis anget..jgn lupa di tawar dulu)…habis makan, Mandi + BAB di toilet umum pelabuhan Rp.2000…berhubung ane ikut pendakian bersama yg diadain anak Shelter Lombok…jadi ane dijemput di pelabuhan Lembar….dari pelabuhan Lembar ane di drop di Pelawangan Sembalun….sebelum pendakian ane sempet2in belanja sayur buat masak di atas

Jam 14.10 Sampe di pos pelawangan sembalun

Biaya masuk Rp.10.000,,,ngga pake syarat apa2..Cuma beli tiket doang…

Jam 15.20 sampe di pos 1..maaf ga ane foto soalnya ngejar pos 2 sebelum gelap

Jam 18.10 sampe di pos 2...langsung buka tenda & masak…Zzzzzz..
Pelabuhan-Pintu masuk-pos 2
Pelabuhan Padang Bai..penjaga loketnya baik + tukang ngelawak

Naik Kapal 5 jam

Sampe Pelabuhan Lembar - Istirahat - Makan - Mandi - BAB

Dijemput Shelter Adventure

Sempet-sempetin cari pasar,beli sayur buat masak :D

Sampai di Kantor TNGR

Trek awal..cuma alang-alang tinggi sama persawahan desa

Banyak Anjing di sepanjang perjalanan

Pos 2
Senin 27 Juni
Jam 5.30..langsung buru2 nyalain kamera,,berburu sunrise…

Jam 8.20 Packing sambil isi air di bawah jembatan pos 2..

Jam 10.30 sampe di pos 3…istirahat sebentar..sambil isi tenaga buat lewatin jalur 7 bukit penyesalan…*pegelll

Jam 15.25 sampe di puncak pelawangan sembalun..cape euyyyy..dari sini kita udah bisa liat atapnya si cantik Rinjani...jalan 15 menit cari lapak kosong buat ngecamp..soalnya ini basecamp terakhir buat summit attack

Jam 17.00 berburu sunset..sama isi air di bawah basecamp terakhir..kira2 jalan 15mnt kebawah untuk cari air..usahain tidur jam 20.00 buat isi tenaga buat muncak ntar malem