GuidePedia

0

Berdasarkan data yang dikeluarkan World Breastfeeding Trends initiatives (WBTi), negara Sri Lanka memiliki tingkat menyusui yang baik. Sedangkan Indonesia ada di tiga terbawah menempati urutan ke 30 dari 33 negara.

Penilaian dilakukan WBTi selama tahun 2008-2009 terhadap 33 negara. Didapatkan 9 negara yang mendapatkan hasil biru dengan nilai tertinggi ditempati oleh negara Sri Lanka, 22 negara mendapatkan hasil kuning termasuk Indonesia dan dua negara mendapatkan hasil merah.

"WBTi disini melakukan pelacakan, penilaian, monitoring, implementasi serta strategi global untuk makanan bayi dan anak-anak kecil (infant and youth child feeding)," ujar Dr Arun Gupta selaku koordinator regional IBFAN Asia dalam acara 'Oneasia Breastfeeding Partners Forum 7 di Grand Flora Hotel Kemang, Jakarta, Kamis (11/11/2010).

Dr Arun menuturkan dalam melakukan rangking ini didasarkan pada 3 tahap, yaitu tahap pertama berupa penilaian secara nasional, tahap kedua melakukan ranking terhadap negara atau region tersebut berdasarkan data dan tahap ketiga adalah melakukan penilaian ulang untuk menganalisis trends.

Indikator yang digunakan dalam penilaian WBTi ini terdiri dari 15 indikator yang terbagi dalam dua bagian, yaitu indikator bagian pertama berhubungan dengan kebijakan serta program negara tersebut, sedangkan indikator bagian kedua berhubungan dengan praktek pemberian makan bayi dan anak.

"Kita sedih melihat Indonesia ada diurutan 30, setidaknya hasil ini bisa menjadi motivator bagi kita untuk memperbaikinya. Tapi ada juga indikator lain yang menunjukkan hasil bagus seperti penanganan menyusui saat bencana," ujar Mia Sutanto, selaku Ketua AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).

Untuk pengumpulan data di Indonesia ini melibatkan partner dari Kementerian Kesehatan, AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), Selasi (Sentra Laktasi Indonesia) dan juga Perinasia (Perkumpulan Perinatologi Indonesia).

33 negara yang termasuk di dalam WBTi ini adalah:

1. Sri Lanka
2. Malawi
3. Maldives
4. Zambia
5. Mongolia
6. Ghana
7. Mozambi
8. Nikaragua
9. Costa Rika
10. Bolivia
11. Pakistan
12. Bangladesh
13. Afganistan
14. Uruguay
15. Argentina
16. Uganda
17. Brazil
18. Nepal
19. China
20. Peru
21. Gambia
22. Kolombia
23. Vietnam
24. Filipina
25. Republik Korea
26. Bhutan
27. India
28. Ekuador
29. Republik Dominika
30. Indonesia
31. Meksiko
32. Cape Verde
33. Taiwan

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top