GuidePedia

0


Bendungan Cingino di Alps Italia menjulang dengan ketinggian 48,76 meter. Dindingnya nyaris vertikal 90 derajat.


Kalau bukan semut atau cicak, rasanya tak mungkin memanjat bidang securam itu. Tapi, ada juga jenis mamalia yang nekat: kambing jenis Alpine Ibex.

Alpine Ibex adalah spesies kambing liar yang hidup di pegunungan Alpen, Eropa. Mereka memang punya kebiasaan berlindung di tempat yang tinggi untuk melindungi diri dari predator.

Namun, memanjat bendungan, itu di luar perkiraan. Dengan penuh nyali, Ibex berjalan miring dengan empat kakinya untuk menaiki dam berdinding batu itu.

Dengan gigih, kambing itu memanfaatkan celah bebatuan untuk naik, selangkah demi selangkah. Ini pemandangan menakjubkan, meski Ibex tak pernah mencapai puncak.

Apa yang membuat para Ibex ini nekat?

Pastinya, mereka tak mempertaruhkan nyawa demi pamer. Tapi untuk menjilati batu dinding bendungan yang mengandung garam.

Foto dan video Ibex menarik perhatian para blogger di seluruh dunia, salah satunya Jolle Jolles, zoologis Cambridge University.

'Kambing tidak masuk dalam daftar hewan paling menarik, seperti Panda, Singa, atau Lumba-lumba. Tapi kambing punya kemampuan luar biasa selain merumput.' kata dia, seperti dimuat situs Daily Mail.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top