GuidePedia

0



Sekitar 1.000 pulau yang tersebar di kawasan Indonesia Timur akan mendapatkan pasokan listrik tenaga surya. Rencananya, realisasi tenaga surya untuk 1.000 pulau itu akan rampung pada 2013.

'Itu akan ada di seribu pulau di Indonesia. Semuanya harus lewat tender terbuka,' kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mendampingi Wakil Presiden Boediono di Liyuan Resort, Kota Nanning, Provinsi Guang Xi, China, Selasa, 19 Oktober 2010.

Menurut Dahlan, program pengadaan listrik energi matahari itu merupakan program khusus di kawasan Indonesia Timur. Alasannya, karena di kawasan timur Indonesia itu pasokan cahaya matahari sangat tinggi dibanding wilayah barat.

'Sinar matahari di Indonesia Timur itu kadarnya lebih bagus. Indonesia Timur bisa memproduksi listrik banyak sekali,' ujar pemilik Jawa Pos Grup usai acara Forum Energi Indonesia-China ke-empat.

Proyek tenaga surya untuk 1.000 pulau itu membuka peluang bagi investor China yang berminat. Akhir tahun ini, proyek itu akan diterapkan di lima kabupaten yang akan menjadi percontohan.

Lima kabupaten itu mendapatkan pasokan listrik 100 persen dari energi matahari. Tender pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini akan digelar secara terbuka.

'Itu akan kami terapkan juga ke kabupaten lain di Indonesia Timur,' kata Dahlan. Lima kabupaten yang menjadi pilot project yakni Bunaken (Sulawesi Utara), Gili Trawangan (NTB), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Belawan (Sumatera Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).

VIVAnews

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top