GuidePedia

0
Jordan Romero


Jordan Romero sudah mendaki puncak tertinggi di lima benua


Seorang remaja Amerika berusia 13 tahun menjadi orang termuda yang pernah mencapai puncak Gunung Everest, demikian dikatakan keluarganya. Jordan Romero, dari California, menelepon ibunya dari puncak gunung tertinggi di dunia itu.

Jordan Romero mendaki gunung bersama ayahnya dan tiga pemandu Sherpa. Rekor pendaki termuda Everest sebelumnya dipegang oleh seorang remaja laki-laki Nepal berusia 16 tahun.Romero sekarang sudah pernah menaklukkan gunung-gunung tertinggi di lima benua dunia.

Mendaki dari Cina

Mama, saya menelepon dari puncak dunia. ~Jordan Romero

Dia mendaki Gunung Kilimanjaro di Afrika pada usia 10 tahun.Dia juga pernah mendaki Gunung Kosciuszko di Australia.Tim pendaki itu memulai perjalanan mereka dari ibukota Nepal, Kathmandu bulan lalu dan pergi ke kaki gunung itu yang berada di wilayah Cina.

Peraturan di Nepal mengharuskan orang yang mendaki Gunung Everest dari wilayahnya berusia paling tidak 16 tahun, sedangkan Cina tidak memberlakukan batasan umur.

Sebagian kalangan pendaki mengecam keluarga Romero karena membolehkan dia melakukan pendakian yang sulit itu tetapi ayahnya mengatakan pendakian dari sisi Gunung Everest di wilayah Cina tidak seberbahaya dari Nepal, demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Dengan keberhasilan itu salah seorang pemandu pendakian yang memandu tim itu, Apa Sherpa yang berusia 50 tahun, telah mendaki Gunung Everest selama 20 kali.
Jumlah itu melewati rekor sebelumnya yang dia pegang sendiri.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top