GuidePedia

0


Kota Tentena adalah sebuah kota kecil di Sulawesi Tengah, Indonesia. Kota ini adalah ibukota kecamatan Pamona Utara. Letaknya di pinggiran Danau Poso, sekitar 54 km sebelah tenggara dari kota Poso dan 258 km sebelah tenggara kota Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Dari kota Palu, diperlukan waktu 7 jam untuk mencapai Tentena.



Kota kecil ini adalah tempat kediaman aing sendiri..


Let's cekidot. . .danau poso: 

Danau Poso merupakan danau tektonik. Danau yang berada di kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 39.890 ha, dengan panjang garis pesisir 127 km. Sebagai danau terbentuk tektonis, Danau Poso juga memiliki kedalaman hingga mencapai 384,6 meter.

rumah bambu: 

Rumah Bambu atau dikenal juga dengan bahasa daerah kami Dodoha Mosintuwu. Rumah ini dibangun untuk pertemuan dan kepentingan adat di daerah kami. Terbuka juga bagi siapapun yang mau berkunjung.

foto mahasiswa pengunjung: 



Air terjun Saluopa: 


Pantai Siuri: 

Pantai Siuri lagi: 

Air terjun Sulewana: 

Situs peninggalan Gua Pamona: 
Gua ini adalah salah 1 tempat pemakaman zaman dahulu suku Pamona, penduduk asli Poso.


Situs peninggalan Gua pamona (bagian dalam): 

Ini adalah sisa tulang-belulang jenazah yang dahulunya dimakamkan di sini.

Situs peninggalan Gua Latea 1: 

Gua Latea terletak di pegunungan Parere, provinsi Sulawesi Tengah. Di situlah juga dahulunya suku Pamona, penduduk asli Poso, memakamkan jenazah. Adat ini sudah tidak berlaku lagi sejak abad ke-19.

Gua terdiri dari dua bagian. Yang pertama terletak di bawah dan berisikan 8 peti mati dan 36 kerangka manusia. Yang kedua terletak di atas dan berisikan 34 peti mati dan 47 kerangka manusia. Gua dipugar pada tahun 1994.

Gua Latea terletak 2 kilometer dari jalan raya Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara di Kabupaten Poso.

Situs peninggalan Gua Latea 2: 

Rumah adat suku Pamona: 

Rumah-rumah ini dibangun untuk keperluan adat dan acara Festival danau Poso. seringkali juga dipakai sebagai tempat pertemuan resmi para pemerintah di daerah ini.


Acara adat yang sedang berlangsung: 

para wanita lagi pake baju adat salah satu dari mereka sempat menjadi 'player two' aing

Pelabuhan perahu: 


Perangkap ikan masyarakat di sini: 

masyarakat di sini masih banyak yg berprofesi sebagai nelayan.


di pelabuhan kecil inilah para nelayan di kota aing berkumpul sehabis berkativitas di danau boi.

Jembatan peninggalan belanda: 


Jembatan tua ini adalah salah 1 peninggalan orang-orang belanda yang dahulunya pernah bermukim di sini.

Sekian tulisan dari aing boi.. Salam kenal kota kecil aing, Tentena..


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top