GuidePedia

0


Salam kenal aboi - aboi semua ... Aing mau sharing pengalaman backpacker trip pertama ane. Sebenernya trip ini udah dari bulan Januari 2014 kemaren, tapi baru sempet share di kaskus sekarang (maklum sibuk sekolah) . Mohon maap kalo tulisannya masih berantakan.

Awal mula backpacker trip ini waktu aing lagi iseng maen ke kamar kakak ane, dia udah seharian gak keluar kamar jadi khawatir juga.. Pas aing masuk kamarnya ternyata kakak aing lagi asik browsing nyari info tentang tempat yang mau dia datengin berikutnya (kakak aing ne emang suka backpackeran ke pulau atau ke pantai). Begitu liat aing dia langsung nyerocos cerita tentang pulau ini dan itu banyak banget. Salah satu pulau yang dia ceritain PULAU BALING - BALING dan PULAU LIHAGA.

Akhirnya setelah ngerencanain beberapa minggu dan yang pasti nyiapin budget buat kesana (aing sih gak ikut nyiapin budget kan aing masih sekolah ) diputusin buat berangkat ke Sulawei Utara awal Januari 2014 kemaren.

Ternyata yang paling muahaaal itu tiket pesawat buat kesana, soalnya aing dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan) jadi perlu beberapa kali naek pesawat buat nyampe ke Manado (Sulawesi Utara).

HARI 1

Jum'at, 3 Januari 2014

Kita ambil penerbangan paling sore dari Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin menuju Bandara Sepinggan International Airport di Balikpapan. Sampai di Balikpapan kita pindah pesawat untuk menuju Samratulangi International Airport di Manado. Sekitar jam 23.00 WITA kita udah nyampe di Manado. Perlu waktu sekitar 45 menit dari Bandara Samratulangi ke pusat kota Manado. Pas nyampe Manado kita langsung ke penginapan.

HARI 2

Sabtu, 4 Januari 2014

Pagi- pagi sekali kita langsung menuju ke Pulau Baling- Baling. Pulau Baling- Baling terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya di Desa Tumbak Madani. Perjalanan dari kota Manado dapat ditempuh dengan waktu 3 jam s/d 4 jam. Penduduk di Desa Tumbak Madani kebanyakan berasal dari suku bajo. Sekitar jam 09.00 WITA kita udah nyampe di Desa Tumbak Madani.
Desa Tumbak Madani: 



Desa Tumbak Madani: 


Begitu kita nyampe kita langsung nanya- nanya ke warga gimana transportasi kalau mau ke Pulau Baling- Baling, akhirnya kita dikenalin sama salah satu warga yang aing lupa namanya. Setelah ngobrol dan cerita- cerita si bapak yang baik hati itu nyiapin perahu kecil buat kita muter- muter seharian. .

Kakak aing kepanasan di perahu: 


Salah satu pulau di sekitar pulau baling- baling: 



Pulau Baling- Baling dari kejauhan: 



 view dari atas bukit di pulau baling- baling: 


view dari atas bukit di pulau baling- baling: 


Dalam perjalanan menuju pulau baling- baling kita juga sempat melihat seeokor paus abu- abu yang sedang mengambil udara dengan menyemburkan air, sayang gak sempat kefoto

 snorkling: 


Bagitu sampai di spot snorkling aing langsung nyebur, gilaaaaa terumbu karangnya bagus banget. Setelah puas snorkling kita langsung balik ke Desa Tumbak Madani. Begitu kita sampai ternyata istri si Bapak baik hati itu udah nyiapin makan siang buat kita. Si ibu nyiapin ikan bakar yang banyaak banget sama sambel dabu-dabu khas Manado buat makan siang, setelah kenyang kita langsung ganti baju dan siap-siap balik ke Manado. Waktu kita mau pamitan pulang kita nanya ke si Bapak berapa biaya perahunya kata si bapak seikhlasnya aja .

nyantai dirumah warga: 



HARI 3

Minggu, 5 Januari 2014

Setelah istirahat 1 malam di kota Manado, sekalian mampir ke rumah keluarga hari ini kita lanjutin perjalan menuju ke Pulau Lihaga di Minahasa Utara. Perjalanan menuju pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Lihaga tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah sampai di pelabuhan kebetulan ada wisatawan dari Jakarta yang menyewa kapal bersama keluarganya untuk ke Pulau Lihaga jadi kita bisa ikut patungan

pulau lihaga dari jauh: 


 pulau lihaga:


pantai:


Pulau ini memiliki pasir yang sangat putih dan lembut, sayang terumbu karang disini sudah hancur. Kita ditawari oleh salah satu nelayan yang sedang memancing dengan anak- anaknya untuk ke sisi lain Pulau Lihaga yang masih memiliki terumbu karang indah.

 sisi lain pulau lihaga: 


bersama anak- anak pemilik perahu: 


Setelah puas snorkling dan badan juga udah capek banget kita balik ke Pulau Lihaga ganti baju dan balik ke pelabuhan. Setelah sampai di pelabuhan kita langsung pulang ke Manado, sampai di Manado kita baru ingat kalau kita belum pada makan siang, kita mutusin buat makan siang di salah satu rumah makan yang terkenal dengan ikan bakarnya .

HARI 4

Senin, 6 Januari 2014

Pagi - pagi setelah packing kita langsung menuju Samratulangi International Airport untuk pulang ke Banjarmasin. Aing udah kelamaan ijin sekolah boi...

DAMAGE COST
damage cost: 

Tiket Banjarmasin - Balikpapan - Manado = Rp 2.800.000/ Orang 
Hotel 3 malam = Rp 690.000 (1 kamar bisa buat 3 orang 
Sewa Mobil 2 hari = Rp 600.000 
Sewa Perahu untuk ke Pulau Baling- Baling = Rp 500.000 (bisa keliling seharian & udah termasuk makan siang) ini seikhlasnya ya boi. 
Biaya nyeberang ke Pulau Lihaga = Rp 100.000/ orang
Biaya lainnya aing lupa boi


TIPS - TIPS

Buat aboi yang suka snorklingharus bawa perlengkapan snorkling sendiri karena disini gak ada yang nyewain alat snorkling 
Enaknya trip kesini sama temen- temen boi, jadi biayanya bisa sharing, aing kemaren cuma berdua aja jadi agak mahal. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?