GuidePedia


Pulau Lanzarote (Lanzarote) sering dikenal juga sebagai kepulauan Canary (Sepanyol ). Pulau ini juga dijuluki sebagai sebuah "pulau gunung api" - karena di pulau sekecil ini -- mempunyai luas 60 x 15 km ada tiga ratus gunung berapi. Di musim semi tahun 1730 bersamaan dengan tiga puluh kawah , meletuslah gunung-gunung itu , tentu saja mengeluarkan lava dan debu. Letusan itu baru berakhir setelah enam tahun, dan hasilnya adalah sepertiga pulau tertutup basalt dan debu. Ini benar benar berpengaruh buruk terhadap pertanian, tapi hal ini tidak membuat para petani di pulau itu menyerah, bahkan pada akhirnya mereka bisa menumbuhkan anggur di gurun gunung berapi itu.
Bagian utama perkebunan anggur di Lanzarote berada di lembah La Geria, yang terkenal karena tertutup oleh lapisan tipis debu gunung berapi. Bibit anggur ditanam di lubang galian khusus atau dilindungi pagar seluas beberapa meter. Ini dilakukan pertama agar akar anggur mudah mencapai lapisan humus, dan kedua, untuk memastikan anggur tetap terjaga kelembabannya. Tidak ada hujan, irigasi juga terlalu mahal, tanaman diairi embun, yang di dinginkan di dinding "funnels". Humus bergaram dan debu, sebaliknya , cenderung menjaga kelembaban yang lama.
Kandang anggur, biasanya dikelilingi oleh sebuah pagar khusus dari basalt, sebagai pelindung dari terpaan angin dahsyat.
Walaupun ditanam dalam situasi jelek, kebun ini bisa menghasilkan sampai 40 kg anggur dari tiap pohon.
Setelah 10 ribu tahun nanti, keturunan petani-petani tangguh ini akan keheranan seperti mereka sekarang juga keheranan dengan bagaimana orang-orang dulu membikin figur-figur raksasa di dataran tinggi Nazca , dan juga bentuk-bentuk patung kuno lainnya.


Beli yuk ?

 
Top