GuidePedia

0
Robot yang bisa bergerak dan berbentuk menyerupai manusia mungkin tak cukup. Tim pengembang robot dari Wroclaw University of Technology di Polandia mengembangkan robot bernama Emys (Emotional Head System), sebuah robot yang mampu tersenyum dan memberi beragam ekspresi lain.

Senyuman Emys memang tak natural, apalagi dengan desain robot yang terkesan aneh. Tapi, setidaknya cukup melegakan sebab wajah Emys yang bisa seolah mengembang ketika memberikan senyuman atau menunjukkan ekspresi lain.

Emys dilengkapi satu lengan yang walaupun membuatnya tampak tak natural tetapi setidaknya bisa memberikan acungan jempol ketika penggunanya melakukan hal bagus. Robot ini juga dilengkapi dengan roda untuk membantunya bergerak.

Publikasi IEEE, Kamis (14/7/2011), menyebutkan, Emys adalah bagian dari LIREC Project, proyek peneliti Eropa yang bertujuan mengeksplorasi dan mendesain "rekan" digital dan interaktif. Dengan kata lain, tujuannya ialah menciptakan robot yang sedikit lebih fun untuk diajak hang out dan yang lebih ekspresif.

Memang pada tahap awal bentuk robot belum seluwes manusia. Namun, fungsi-fungsi motoriknya telah meniru ekspresi wajah. Robot beroda itu juga bisa menyapa, bersalaman, dan mengacungkan jempol kepada orang lain.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?