GuidePedia

0
Senja Di Pantai Parangtritis

Semua pasti sudah tahu kalau Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Jogja. Kalau ada yang bertanya tentang pantai di Jogja dengan cepat akan menjawab Parangtritis. Menurut saya pantai yang berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Jogja ini bukanlah yang terbaik, tapi jaraknya yang cukup dekat dengan kota membuatnya tak pernah sepi pengunjung baik dari dalam ataupun luar Kota Jogja. Terlebih lagi pada sore hari, pengunjung akan cukup ramai.

Jangan samakan Pantai Parangtritis dengan pantai-pantai di Gunung Kidul yang kebanyakan berpasir putih. Pasir di Parangtritis berwarna hitam lembut, kalau kering dan tertiup angin akan menyerupai debu-debu halus. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis adalah basah-basahan dengan air laut, bersantai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak, serta bisa naik bendi untuk berjalan-jalan menelusuri sepanjang pantai. Bendi adalah sejenis andong/delman yang berukuran kecil dan banyak dijumpai di Pantai Parangtritis.

Senja Di Pantai Parangtritis

Wajib diingat dan dilaksanakan, kalau bermain air di pantai ini jangan sampai ke tengah meskipun air sudah surut. Tidak jauh dari tepi pantai terdapat palung yang sangat dalam. Jika Anda coba-coba mendekati palung, Anda akan terseret arus air laut yang sangat kuat. Sudah banyak korban hilang karena tenggelam di pantai ini karena tidak berhati-hati. Jadi jangan sampai ada korban lagi di kemudian hari.

Salah satu daya tarik pantai ini adalah keindahan sunset saat senja mulai tiba. Saat sore hari banyak anak-anak muda yang menghabiskan waktu untuk sekedar berkumpul, bersenda gurau, foto-foto, ataupun duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan sunset. Memang mengasyikkan pergi ke pantai ini pada sore hari, selain tidak panas kita juga akan mendapatkan pemandangan sunset yang indah.

Senja Di Pantai Parangtritis

Keberadaan Pantai Parangtritis juga tidak lepas dari mitos-mitos terutama yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul. Sudah bukan hal yang aneh lagi kalau di tepi pantai terdapat orang yang sedang semedi dan berdoa disertai beberapa sesajen di depannya. Ada larangan juga ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis yaitu pengunjung dilarang mengenakan pakaian hijau muda. Menurut penduduk setempat, warna tersebut bisa mendatangkan petaka jika digunakan di Pantai Parangtrtitis. Ini kan hanya mitos, boleh percaya boleh nggak. Hehe..

Senja Di Pantai Parangtritis


http://www.wijanarko.net/2011/05/senja-di-pantai-parangtritis.html
Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top