GuidePedia

0


Ketika kita duduk di bangku sekolah, kita harus bersaing ketat dengan para murid-murid lain untuk mendapatkan nilai tertinggi di semua mata pelajaran. Ada beberapa yang berhasil, namun banyak juga yang hanya menguasai bidang-bidang tertentu. Bahkan tak sedikit pula yang "payah" di pelajaran teori, namun mereka pandai bermain musik, menggambar, maupun jago bermain basket.

Itu karena Tuhan telah memberi kita kelebihan dan kekurangan pada setiap individu, dan karena manusia diciptakan unik. Bahkan dari dua orang kembar pun kemungkinan besar memiliki sifat dan karakter yang berbeda, meski fisik mereka terlihat sama. Howard Gardner, seorang Profesor di bidang Psikologi dari Universitas Harvard mengatakan bahwa setidaknya ada 10 jenis kecerdasan berbeda. Manakah dari kecerdasan-kecerdasan ini yang agan punya?

1. Kecerdasan Linguistik


Agan merasa asyik dengan kegiatan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Agan melakukan itu semua dengan santai. Agan juga dengan mudah menghafal informasi dan menambah kosakata. Tak heran jika agan juga memiliki kemampuan bercerita maupun mendongeng yang mumpuni. Dengan bakat yang agan punya, bekerja menjadi jurnalis, guru, maupun penulis sangatlah cocok untuk agan.

Memiliki kecerdasan ini, berarti agan sama dengan Raditya Dika, Dee Lestari, J.K. Rowling, dan John Green

2. Kecerdasan Musikal


Agan bisa mendengar nada dan titinada pada suara-suara yang tak memiliki faktor-faktor seperti yang tersebut di atas, seperti deburan ombak, desiran angin, kicauan burung, suara jangkrik, dan bahkan musik klasik.

Agan mungkin punya bakat dalam memainkan satu atau lebih alat musik, baik hanya dengan mendengarkan maupun lewat instruksi. Kemungkinan besar, bisa jadi kamu menyukai banyak jenis aliran musik. Termasuk musik-musik zaman dulu yang disukai orangtua agan.

Bob Dylan, Ananda Sukarlan, dan Tulus adalah pemilik kecerdasan ini


3. Kecerdasan Logika Matematika


Ketika teman-teman banyak yang membenci dan menghindari mata pelajaran satu ini, agan justru amat sangat menyukai-nya. Mencoba memecahkan soal-soal matematika yang sulit merupakan tantangan dan keasyikan tersendiri. Agan secara naluri meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mampu memahami penjumlahan seringkali diluar kepala.

Menghitung deret angka dan memecahkan soal integral adalah hal sepele bagi agan. Maka tak heran jika agan mungkin sangat menggemari game dan permainan yang menantang otak seperti catur, sudoku, dan game-game komputer. Jurusan ilmu komputer, statistik, maupun bidang-bidang matematika yang lain cocok untuk agan dalami.

Yang punya bakat sama: Albert Einstein, Stephen Hawking, Neil deGrasse Tyson

4. Kecerdasan Visual Spasial


Kalau agan seorang atlet, agan hampir bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang yang dibutuhkan untuk mencetak angka pada permainan hoki atau bola basket. Agan mampu secara mental memutarbalikkan bentuk-bentuk yang rumit, dan kamu bisa menggambar apa pun yang kamu lihat. Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang seperti puzzle,rubik, dan kamu bisa membuat berbagai macam bentuk dari permainan Lego.

Penting sekali bagi arsitek seperti Ridwan Kamil atau ahli tata kota memiliki jenis kecerdasan ini.

5. Kecerdasan Tubuh Kinestetik


Agan jago menangani dan memanipulasi objek dan agan mampu menggerakkan tubuh dengan anggun dan santai. Agan suka sekali melatih tubuh hingga mencapai kondisi terbaik, dan agan bisa menirukan orang lain dengan sempurna. Agan berbakat dalam kerajinan tangan seperti memahat, menjahit, menenun, dan membuat gerabah.

Seniman seperti Saptohoedojo, Affandi, sampai pemahat terkenal Auguste Rodin memiliki kecerdasan tubuh kinestetik ini.

6. Kecerdasan Interpersonal


Agan bisa memahami orang lain dengan mudah, serta mampu mengetahui suasana hati dan perasaan mereka. Tak heran jika kamu sering dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah oleh teman-temanmu.

Agan juga memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan agan adalah seorang mediator yang handal. Agan bisa menghentikan pertengkaran antara dua teman dan masih bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka berdua.

Figur publik yang terkenal memiliki kecerdasan ini: Oprah Winfrey

7. Kecerdasan IntraPersonal


Banyak orang di luar sana masih suka meniru orang lain dan belum menjadi diri mereka sendiri, para ahli psikologi menyebut mereka-mereka ini sebagai orang yang memiliki krisis identitas.

Berbeda dengan mereka, agan justru paham betul mengenai dirimu sendiri. Agan amat mengerti perasaan, mimpi, dan ide yang agan miliki, dan agan tetep setia pada tujuan hidup, serta yakin akan cita-cita yang akan diraih. Agan suka menulis catatan harian, merenungi pikiran-pikiran yang dipunya, bahkan tenggelam di dalamnya untuk waktu yang lama karena kamu begitu menikmatinya.

8. Kecerdasan Naturalis


Agan merasakan adanya kaitan yang dalam antara jagat raya dan penghuninya, baik itu manusia, tumbuhan dan binatang. Agan suka meneliti dan mengamati dunia luar. Tak heran jika agan gemar mengeksplorasi hutan belantara, mendaki gunung, bahkan berkebun serta bercocok tanam organik menjadi hobimu. Alih-alih menggunakan pestisida dan obat-obatan kimia berbahaya, agan lebih memilih cara-cara organik untuk mengusir hama.

Ketika mendengar tentang perusakan hutan serta pencemaran lingkungan, agan gak tinggal diami, namun agan juga ikut berperan menjadi aktivis pecinta lingkungan. Profesi yang cocok untuk kamu yang memiliki tipe-tipe seperti di atas adalah menjadi arkeolog, ahli geologi, ahli botani, maupun peneliti lingkungan.

9. Kecerdasan Eksitensial


Agan suka sekali bergelut dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti mengapa kita hidup? Mengapa dunia ini tercipta? Dan apa yang akan kita jumpai setelah kita meninggal dunia?

Bisa jadi agan adalah penggemar berat film-film Christopher Nolan, maupun penggila buku-buku karya Jostein Gaarder. Agan menyukai segala hal yang memiliki arti dan filosofi. Jika memiliki kecerdasan ini, ilmu filsafat dan teologi mungkin cocok untuk kamu dalami.

10. Kecerdasan Spiritual


Anak Indigo adalah sebutan awam yang cocok disematkan. Agan bisa merasakan kehadiran energi lain di sekitarmu. Agan dapat melihat apa yang tak dapat dilihat oleh orang lain. Tebakan agan seringkali benar, dan firasat agan juga kuat. Terlepas dari apakah agan sering beribadah atau tidak, namun agan memilki keyakinan bahwa 'dunia lain' itu memang ada. Agan amat sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top