GuidePedia

1


Sebuah bintang hypergiant atau bintang maha maha raksasa (luminositas kelas 0 atau Ia +)adalah bintang yang memiliki massa,diameter dan kecerahan yang luar biasa besar. Bintang ini juga menunjukkan tanda-tanda kehilangan massa yang sangat tinggi (berusia pendek).


Perbandingan cakram debu bintang hypergiant dan matahari 



Perbandingan ukuran UY Scuti dan Matahari. Matahari baru terlihat setelah di zoom 7x 

Jika dibandingkan dengan Matahari, bintang Hypergiant akan membuat Matahari tampak seperti ketombe di samping nya. Contoh bintang Hypergiant antara lain: 

UY Scuti
NML Cygni
WOH G64
Westerlund 1-26
VX Sagittarii
VY Canis Majoris
R136a1

Tapi apakah mungkin ada kehidupan di sekitar bintang-bintang masif seperti ini?

Mungkin, tapi kemungkinannya sangat kecil. Kehidupan alien adalah topik yang menarik meskipun fakta mengatakan bahwa kita masih belum menemukan buktinya sampai saat ini. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi mengenai seperti apa kehidupan alien itu dan apakah kehidupan mereka berbeda dengan kehidupan kita di Bumi.

Pencarian awal bagi kehidupan biasanya mengikuti jalur untuk mencari kondisi yang cocok bagi kehidupanseperti yang kita kenal untuk bertahan hidup. Kondisi tersebut menyangkut adanya air cair dipermukaan, juga mencari sumber energi dan kimia tertentu.

Tidak ada yang mengatakan bahwa kondisi ini tidak bisa hadir di sekitar semua bintang. Tapi tentunya, planetperlu lebih dekat jika bintang induknya lebih dingin dan lebih jauh jika bintang induknya panas. Tetapi kita tahu bahwa planet-planet terletak di berbagai orbit disekitar bintang, jadi ini mungkin.

Satu masalah bagi planet yang mengorbit bintang Hypergiant adalah planet ini akan sering di bombardir oleh radiasi dan angin matahari yang sangat kuat karena Bintang Hypergiant cendrung kehilangan banyak materialnya ke dalam ruang di sekitar mereka. 

Hal ini berpotensi untuk membuat permukaan planet manapun menjadi sangat bergolak karena merekadibombardir dengan material bintang. Pada akhirnya, hal ini dapat menghentikan pembentukan kehidupan dipermukaan planet tersebut.

Tetapi sebagai pembanding, ada beberapa bentuk kehidupan di Bumi yang telah beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrim.

Kita belum tahu apakah kehidupan ada diluar sana sampai kita mendeteksinya. Dan mungkin kalaupun ada kehidupan disekitar bintang Hypergiant, makhluk hidupnya pasti sangat tangguh dan superior karena mampu bertahan di lingkungan ekstrim seperti itu.

Atau bisa saja kehidupan disana berbeda dengan kehidupan yang kita kenal, mereka mungkin bernapas menggunakan karbondioksida atau hidrogen,bukannya oksigen. Mereka minum menggunakan lava pijar, bukannya air. Mereka makan batu bukannya nasi.... hehehehe.

Kehidupan selalu berevolusi dan beradaptasi terhadap lingkungannya.... 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top