GuidePedia

0


Pesantren Imam Khatib. Keliru jika Anda mengira pesantren itu berada di Indonesia. Sebab, lembaga pendidikan Islam itu berada nun jauh di Eropa Utara, tepatnya di kawasan Skandinavia.

Belum lama ini, pesantren yang berlokasi di Slagelse, salah satu kota di Denmark itu dibuka secara resmi. Inilah sekolah teologi Islam pertama bagi komunitas Muslim di wilayah Skandinavia. 

Tak hanya menerima siswa dari Denmark, pesantren inipun terbuka bagi siswa dari Norwegia dan Swedia. Kepada para siswanya, Pesantren Imam Khatib akan mengajarkan kurikulum nasional dan pelajaran-pelajaran Islam yang berkaitan dengan Alquran, hadis, dan syariat.

''Saat ini, Pesantren Imam Khatib baru menerima siswa berusia 18 tahun ke atas,'' kata Kepala Pesantren Imam Khatib, Ahmet Deniz, seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu, Senin (18/8).

Pesantren Imam Khatib di Denmark merupakan sekolah Imam Khatib kedua di Eropa. Sebelumnya, telah ada Pesantren Imam Khatib di Belgia. Meski baru beroperasi, Pesantren Imam Khatib Denmark sudah memiliki 52 siswa.

Pesantren Imam Khatib merupakan sekolah Islam berasrama model Turki. Lembaga pendidikan ini memadukan pendidikan Islam dan modern. Karena itu, jangan heran jika di sekolah inipun diajarkan seni dan sains seperti sekolah umum. 

Ilmu-ilmu agama seperti bahasa Arab dan hukum Islam memiliki bobot 40 persen, sedangkan sisanya merupakan ilmu umum yang bersifat sekuler.

Sejarah mencatat, pada awal berdirinya pada 1920-an, pesantren ini merupakan tempat untuk mendidik dan melatih para calon imam setelah madrasah dihapus oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top