GuidePedia

0

Salah satu pulau di Indonesia ini ternyata mempunyai obyek wisata yang sangat indah dan menarik yang juga banyak dikunjungi para wisatawan. Riau termasuk salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang mana juga termasuk salah satu provinsi makmur di NKRI, maka tempat wisata yang ada di Riau juga tak kalah dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Bagi anda wisatawan, saya rasa wajib mengunjungi tempat-tempat untuk berwisata yang ada di pulau ini, karena di Riau sendiri juga mempunyai tempat wisata alam maupun wisata religi yang mungkin menarik untuk di kenal, dan berikut ada 6 daftar tempat wisata di Riau yang terkenal.
1. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang ada di Riau ini memiliki ekosistem yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia. Kawasan ini merupakan peralihan antara hutan rawa dan hutan pegunungan dan juga merupakan hamparan yang terpisah dari rangkaian pegunungan. Jika berkunjung di bukit ini maka para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan alam dan isinya termasuk jenis binatang yang beragam seperti beruang madu, kancil, siamang, harimau Sumatra, tapir, dan jenis satwa lainnya. Jenis flora dan fauna langka yang terdapat di bukit ini merupakan kehidupan yang di lindungi oleh pemerintah.

2. Obyek Wisata Bono
Bagi wisatawan yang berkunjung di tempat ini tentu bisa melakukan kegiatan seperti surfing, memancing, menikmati keindahan laut, berenang, naik sampan, maupun kegiatan lainnya. Air laut di tempat tersebut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, Bono yang terletak di Desa Teluk Meranti ini adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang. Pada musim pasang tinggi, gelombang sungai Kampar bisa mencapai 4-6 meter, membentang dari tepi ke tepi menutupi keseluruhan badan sungai. Peristiwa ini terjadi setiap hari, siang maupun malam hari.

3. Pulau Jemur
Pulau Jemur ini juga merupakan obyek wisata yang sangat indah dan menawan. Pulau Jemur yang terletak kurang lebih 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir dan juga 45 mil dari negara tetangga Malaysia ini terdapat pulau-pulau berbentuk lingkaran sehingga bagian tengahnya merupakan laut yang tenan. Pulau jemur ini sangat kaya akan hasil lautnya, selain memiliki panorama dan pemandangan yang sangat indah juga terdapat beberapa potensi wisata lainnya yaitu Batu Panglima Layar,taman laut dan pantai berpasir kuning emas, Goa Jepang, Mercusuar, dan sisa-sisa pertahanan Jepang pada jaman dulu.

4. Air Terjun Aek Martua
Pemandangan yang sangat luar biasa yang dihasilkan oleh air terjun ini memang sangat mengagumkan sampai-sampai air terjun Aek Martua ini dijuluki dengan air terjun tangga seribu, karena air terjun tersebut memiliki banyak tingkatan air yang mengalir di bebatuan. Obyek wisata ini terletak di Kabupaten Rokan Hulu, Pekanbaru, Riau.

5. Wisata Bahari Danau Pulau Besar
Danau Pulau Besar yang berada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Riau ini juga memiliki panorama yang juga menarik dan sangat indah. Di sekitar danau ini masih ditemukan hutan yang asli dan merupakan danau dan hutan yang berstatus Suaka Marga Satwa dimana masih terdapat jenis satwa dan tumbuhan langka yang masih dilindungi pemerintah seperti salah satunya ikan arwana dan ikan balido.

6. Pantai Pasir Panjang
Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pantai dengan pasir putih bersih yang sangat panjang. Pantai di Pulau Rupat lebih tepatnya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau ini sangat cocok untuk berwisata berjemur, olahraga air, rekreasi bersama keluarga, bersantai dan berenang menikmati keindahan pantai dan air laut yang ombaknya sedang.

Jika anda sudah menikmati wisata alamnya jangan lupa untuk menikmati wisata religi dan kebudayaannya, berikut daftarnya:

Wisata Religi dan Kebudayaan
- Candi Muara Takus
- Benteng Tujuh Lapis
- Masjid Raya Pekanbaru
- Istana Siak Sri Indrapura
- Vihara Sejahtera Sakti Selatpanjang
- Upacara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
- Perayaan Imlek di Selatpanjang


Nah, itulah tempat wisata alam dan wisata religi serta kebudayaan yang ada di Riau. Semoga informasi yang berjudul 6 Daftar Nama Tempat Wisata di Riau tersebut setidaknya bisa sedikit membantu bagi anda yang ingin berwisata di Riau.  

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top