Ke Pulau Bawean? Akhirnya.... PR pulau - pulau utaranya pulau Jawa satu persatu terselesaikan... Mendengar tentang Pulau Bawean ini sendiri bikin penasaran yang cukup tinggi. Ajakan rekan - rekan Komunitas Share Traveler akhirnya bikin menarik hati dan susah untuk menolaknya, hahahaaa... yaaa mereka suka banget pergi ketempat tempat yang jarang orang datangi, terakhir yang berkesan banget jelajah Kepulauan Spermonde Sulawesi. Kali ini ke Pulau Bawean pergi sama Mas Yebe yang menginisiasi perjalanan ini, Mbak Nurul, Kk Ana, dr. Miri, dan Mas Bayu.

Posisi Pulau Bawean:

Bagaimana menuju ke Pulau Bawean? Mungkin banyak jalan menuju roma... eh Bawean... namun secara garis besarnya Bawean lebih mudah diakses dari Pulau Jawa. Pelabuhan Gresik.. yaaa pagi itu kami strating dari pelabuhan Gresik. Sebelumnya kami dari jakarta ada yang dengan pesawat ke surabaya lalu menuju ke pelabuhan Gresik sekitar 1 jam dan ada juga yang menggunakan kereta dari Jakarta dan turun di Stasiun Lamongan kemudian lanjut ke Pelabuhan Gresik selama kurang dari 1 jam.

Kami:

Kapal Menuju Pulau Bawean. Untuk menuju ke bawean dari pelabuhan Gresik ini ada dua jenis Transportasi Laut yaitu, kapal Cepat Express Bahari dan Kapal Ferry. Masing - masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing. Kalau kalian mengutamakan waktu tempuh, maka Kapal cepat Express Bahari lah jawabannya. Namun kalau keadaan budget yang menipis... maka bisa memilih kapal Ferry yang lebih murah namun waktu tempuhnya lebih panjang.

Kapal Cepat Express Bahari:

Detail kapal Express Bahari ke Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik
Hari Berangkat dari Gresik - Bawean setiap hari :
Minggu, Selasa dan Kamis pkl 09:00 WIB*

Hari Berangkat dari Bawean â?? Gresik setiap hari :
Senin, Rabu dan Sabtu pkl 09:00 WIB.*

*)Pastikan tiba di pelabuhan sebelum jam itu untuk memastikan dapat tiketnya yang sudah dipesan maupun dapat tempat duduk yang enak, karena untuk kelas bisnis pilihan bangkunya bebas sehingga berebutan dengan yang lain.

Harga tiket Kapal cepat Express Bahari ke Pulau Bawean
Rp 166.500 kelas VIP (AC)
Rp 146.500 kelas Executive (AC)
Rp 131.500 kelas Bisnis (Non AC)

Tiket bisa dibooking via :
Jl. Pahlawan NO. 36 Gresik NO telp (031)3983600
Agent Duta Wisata Tour Jl Jaksa Agung Suprapto Gg IV No 67 Gresik no telp (031)3976671 atau hp 081330023582
Jl Dermaga NO 8 Sangkapura Bawean No telp (0325)422257
H Fendi Kebon Laut Sangkapura 0821 42236333

Detail Kapal Ferry ke Pulau Bawean *
Lama Tempuh dari pelabuhan Gresik 10 Jam berangkat jam 9 pagi dan tiba di bawean jam 19.00
Kapal Ferry Tungkal Samudra berlayar pada Rabu, Sabtu dari Gresik
Kapal Ferry Tungkal Samudra berlayar pada Kamis, Minggu dari Bawean
KM Satya Kencana II berlayar pada Jum'at, Senin dari Gresik
KM Satya Kencana II berlayar pada Sabtu, Selasa dari Bawean.
tarif Rp. 75.000,-

*) untuk kepastian jadwal ini lebih baik coba cari info terupdate dengan menelpon ke pelabuhan agar pasti, karena kapal ini berangkat juga melihat keadaan ombak dll.

Pagi di Pelabuhan Gresik:

Dengan menimbang plus minusnya dan waktu libur kami untuk trip bawean ini, kami memilih menggunakan kapal cepat Express Bahari. Sebelum sampai di Pelabuhan Gresik, rekan kami sudah memesan terlebih dahulu tiket kapal cepat tersebut melalui telepon. Setibanya kami di stasiun Lamongan sekitar jam 2 pagi, kami langsung mencari kendaraan yang bisa kami sewa untuk menuju ke Pelabuhan Gresik. Kalau melihat dari Google Map sekitar 19 KM emmm itu artinya ga sampai satu jam. Setelah keluar stasiun ternyata ada mobil carteran dan mereka meminta harga 400 ribu untuk antar kami ke Pelabuhan, setelah proses tawar menawar kami meminta harga 150.000 ribu dan akhirnya Deal.

Tiba di pelabuhan yang masih sangat sepi sekali, kami sempat menggelar lapak bobo imut kami di depan kantor pelabuhan dalam. Tidak sampai setengah jam rekan kami memberitahukan bahwa ada masjid besar dekat pintu masuk pelabuhan. Tanpa pikir panjang kami semua menuju masjid itu, Alhamdulillah bisa sholat subuh yang kemudian dilanjutkan dengan bobo imut dan mandi karena ada kamar mandinya. Nahh... jadi kalau tiba di Pelabuhan gresik malam hari bisa singgahi masjid ini untuk sholat subuh dan istirahat, tetap jaga kebersihan ya... karena masjidnya cukup bersih dan terawat. Pagi hari tiba kamipun menuju Kantor Pelabuhan Gresik kembali, dan loket pembelianpun sdh ramai bahkan ruang tunggu di Pelabuhan. Sudah berbagai macam orang dan bawaan untuk sanak keluarga di Bawean bertumpuk-tumpuk di pelabuhan, dari kardus, makanan dan lain lain.

Masjid di Pelabuhan Gresik:

Keramaian juga terjadi diperut kami pagi itu akhirnya rekan kami berinisiatif membeli makanan untuk sarapan kami ber6 menunya sebungkus nasi ada tor kecil ayam kecil tahu kecil, pokoknya semua berukuran mini xixixiiii. Tak apalah namanya juga sarapan, karena kita akan mengarungi laut jawa selama 3,5 Jam enggg inggg eng... ini aja sudah kapal cepat, apalagi yang bukan kapal cepat. Setelah sarapan akhirnya kapal akan dinyatakan siap dimasuki oleh para penumpang, sebelumnya nampak para porter pelabuhan sudah memasukkan barang-barang bawaan penumpang seperti kardus - kardus besar dan koper besar. Petugas Pelabuhan pun dengan menggunakan TOA meminta penumpang untuk berbaris memegang tiketnya, lalu satu persatu kami bisa keluar ruang tunggu dan menuju ke kapal Express Bahari itu.

Keadaan di belakang kapal:

Memasuki kapal Express Bahari ini sudah ada petugas yang mengarahkan dimana ruang untuk tiket yang telah kami beli. Karena kami baru tau kalau ada kelas-kelasnya, kami sudah terlanjur mendapatkan tiket untuk kelas bisnis. Nahh... ternyata di dalam sudah banyak tas dan kardus yang sudah bertengger di atas ataupun bawah tempat duduk, yaa... karena tidak ada nomor duduk jadi untuk penumpang kelas bisnis bebas memilih tempat duduknya. OK dibilang nyaman sih enggak dan dibilang enggak juga lumayan lah... kapal Express Bahari dimana saja sama seperti yang ke Karimun Jawa, Wakatobi, Kep Riau yang pernah saya naiki. Aroma di kelas bisnis inipun campur aduk banget karena banyak sayur mayur bawaan para penumpang. Setelah kapal berjalan, dan perjalanan kami isi dengan ngobrol, dengerin lagu, tidur, dan saya malah terkesimak melihat yang sedang sketching keadaan ruang kapal kami sambil mendengarkan lagu di handphone. Di dalam kapal ini ternyata ada penjualan pop mie yang bisa dipesan lho... dan dipertengahan perjalanan petugas membagikan plastik kecil buat penumpang yang pada mabuk laut. Dan ternyata banyak juga yang mabuk laut. Jadi kalau diberi plastik ambil saja buat jaga jaga kalau kamu mual atau bahkan kalau sebelah kamu yang mual... daripada kamu yang kena muntahnya iuchhh... X_X

Tiga setengah jam terombang ambing di lautan, tibalah kami di Pelabuhan Sangkapura, Pulau Bawean. Hari itu benar-benar cerah, langit biru dan semburat putihnya membuatnya jadi makin indah. Cukup lama untuk keluar dari kapal ini karena mengantri tidak hanya dengan penumpangnya namun dengan porter yang siap menggotong kardus atau barang bawaan penumpang lainnya. Wahhh nampak juga di Dermaga para sanak saudara yang menjemput penumpang, yaa... suasana pelabuhan di daerah yang terakhir kulihat di Wakatobi, Gerobak, Mobil Motor, Orang-orang yang berpelukkan, salim tangan, rupa-rupa bahagialah...

Kami di Dalam Kapal Express Bahari kelas Bisnis:

Menginap di pulau Bawean. Di Pelabuhan ini rombongan kamipun sudah dijemput oleh pemilik penginapan yang sudah kami booking sebelumnya. Pak Haji Kholik pemilik penginapan Barokah yang bisa dihubungi di nomor ini 081230666412 dan 0325-421122. Sebuah mobil Avanza siap mengantar kami ke penginapan. Penginapan kami lebih dekat dengan pelabuhan Kapal Ferry yang Cuma nyebrang saja sudah sampai, namun karena kita naik kapal cepat Express Bahari yang jaraknya sekitar 500 m dari penginapan alhasil karena ga mau cape naik mobil deh, hohoooo kebetulan kami juga minta ke pak haji buat sewa mobil untuk berkeliling Pulau Bawean yang kalau diputari tanpa berhenti bisa memakan waktu 2-3 jam. Berarti seperti Pulau Ternate yang juga tak begitu besar bisa diputari seharian. Sesampainya dipenginapan, kami memesan 3 kamar AC, dimana satu kamar di isi dua orang. Hari itu penginapan ini pebuh dengan rombongan orang surabaya yang sedang menikahkan anaknya di Bawean. Penginapan ini memiliki dua ruang tengah, Mushola, kamar dengan kamar mandi di dalam, serta ada kamar mandi diluar juga. Oh.. iya ada teras belakang dengan jemuran dan teras depan penginapan diatas dengan view yang cukup ok.