GuidePedia

0

Nebula Carina (juga dikenal sebagai NGC 3372, Great Nebula Carina dan Nebula Eta Carinae) adalah nebula emisi yang terang dan besar dengan berdiameter sekitar 260 tahun cahaya, yang terletak sekitar 7.500 tahun cahaya dari Bumi di lengan Carina-Sagitarius dari galaksi Bima Sakti kita, di konstelasi Carina selatan (Keel).

Awan gas dan debu pembentuk bintang yang bersinar serta memiliki massa total 900.000 kali massa matahari ini, adalah nebula terang di langit dan berisi delapan gugus bintang terbuka, seperti Collinder 228, Trumpler 14 (cluster termuda dan paling ramai di nebula ini) dan Trumpler 16. Nebula ini menjadi rumah bagi beberapa bintang paling terang dan paling besar yang dikenal di seluruh Bima Sakti, termasuk Eta Carinae (bintang paling terang pada gambar diatas, yang terletak di Trumpler 16) dan HD 93129A (di Trumpler 14). Energi yang dihasilkan oleh bintang-bintang ini memahat gas-gas di dekatnya dan mengawali pembentukan bintang generasi baru.

Nebula Besar Carina

Foto warna komposit lebar ini diambil oleh teleskop MPG/ESO 2,2 meter di La Silla, Chile, menggunakan ultraviolet dan filter optik. Beberapa obyek astronomi terlihat disini adalah: Kiri bawah adalah Eta Carinae (bintang paling terang), dengan Keyhole Nebula berdekatan dengan bintang. Kelompok bintang-bintang muda cerah di atas kanan Eta Carinae adalah gugus bintang terbuka Trumpler 14. Gugus bintang terbuka lainnya, Collinder 228 juga terlihat pada gambar, tepat di bawah Eta Carinae.
Eta Carinae adalah bintang yang sangat terang, supergiant tua berusia hanya 2 sampai 3 juta tahun, dikelilingi oleh awan debu bipolar yang meluas dan gas yang dikenal sebagai Nebula Homunculus (pria kecil dalam bahasa Latin).
Perkiraan massa bintang Eta Carinae berkisar antara 100-150 kali massa matahari kita, dan luminositasnya sekitar empat juta kali Matahari. Memompa keluar energi yang sangat besar, dalam 6 detik saja, energi yang dipompa keluar sama dengan energi yang dihasilkan matahari kita dalam satu tahun, sedangkan angin bintang yang ditiupnya setiap tahun setara dengan massa setara Jupiter, atau 100 miliar kali lipat angin bintang yang ditiup matahari kita dalam setahun.

Eta Carinae mungkin berdampingan dalam keadaan biner dengan supergiant besar lain yang massanya sekitar 30 sampai 60 kali massa matahari. Pada pendekatan terdekat mereka setiap 5,5 tahun, dua supergiants berjarak sekitar 2 sampai 3 unit astronomi satu sama lain yang memungkinkan angin bintang mereka yang kuat saling berbenturan, sehingga menghasilkan outflow yang besar dari cahaya dan radiasi.

Nebula Homunculus terusir dari bintang selama ledakan seperti yang terlihat pada tahun 1843 (dikenal sebagai Great Eruption atau Nova Carinae 1843) yang sempat membuat bintang Eta Carinae menjadi bintang kedua paling terang di langit bumi. Ledakan itu menghasilkan dua lobus dan disk equatorial yang luas dan tipis, semua bergerak ke luar sekitar 1 juta kilometer per jam. Efek Eta Carinae di nebula dapat dilihat langsung. Gumpalan-gumpalan gelap dalam gambar dan beberapa obyek lainnya terlihat memiliki ekor yang arahnya menjauh dari bintang masif tersebut.

Nebula Homunculus

Meskipun astronom abad ke-19 tidak memiliki teleskop yang cukup kuat untuk melihat semburan ini secara rinci, efeknya dapat dipelajari hari ini. Awan besar materi dilontarkan satu setengah abad yang lalu, yang dikenal sebagai Nebula Homunculus, telah menjadi target rutin Hubble sejak diluncurkan pada tahun 1990 . Gambar ini terdiri dari ultraviolet dan gambar cahaya tampak dari High Resolution Channel of Hubble’s Advanced Camera for Surveys. Bidang pandang adalah sekitar 30 detik busur.

Karena massanya yang luar biasa, Eta Carinae akan meledak dalam supernova atau hypernova. Tapi tidak ada yang tahu kapan - mungkin tahun depan, mungkin satu juta tahun dari sekarang. Namun, ledakan energi dari urutan ini mungkin bisa menghancurkan medan bintang (starfield) dan planet-planet dalam radius beberapa ribu tahun cahaya.

Nebula Carina ini juga rumah bagi awan gelap dari molekul-molekul dingin dan debu yang dikenal sebagai Nebula Keyhole (NGC 3324). Nebula ini berdiameter sekitar 7 tahun cahaya mengandung filamen gas panas yang cerah dan berpendar, membentuk siluet karena latar belakang yang lebih terang dari Nebula Carina.

Nebula Keyhole

Nebula Keyhole adalah nebula gelap sekitar tujuh tahun cahaya diameternya. Terletak di dalam nebula Carina bersebelahan dengan bintang Eta Carinae. Diberi nama Keyhole karena bentuknya yang mirip lubang kunci.

Gumpalan-Gumpalan yang Menguap

Gumpalan-gumpalan yang aneh ini juga ditemukan di nebula Carina, beberapa di antaranya terlihat mengambang di sebelah kanan atas, mungkin paling pas dideskripsikan sebagai gumpalan yang sedang menguap. Cahaya energik dan angin dari bintang-bintang di dekatnya memecah butiran debu gelap yang membuat bentuk-bentuk ikonik buram. Ironisnya gumpalan-gumpalan, atau dikenal sebagai awan molekul hitam (dark molecular), sering membentuk bintang-bintang di tengah diri mereka sendiri, yang kemudian menghancurkan mereka. Gunung-gunung mengambang yang ditangkap oleh teleskop Hubble tersebut, mencakup wilayah hanya bebeberapa bulan cahaya saja.

Untuk ulang tahun ke-20 Teleskop luar angkasa Hubble telah mengambil gambar dari "Mystic Mountain", yang adalah pilar debu dan gas sekitar tiga tahun cahaya tingginya dalam nebula Carina; bintang baru lahir di dalam pilar menembakkan jet gas yang terlihat mengalir di puncak pilar.

Mystic Mountain


Gambar dari Hubble Space Telescope ini bahkan lebih dramatis dari fiksi, menangkap aktivitas kacau di atas pilar gas dan debu, tiga tahun cahaya tingginya, sedang dimakan habis oleh cahaya cemerlang dari bintang-bintang terang di dekatnya. Pilar ini juga sedang diserang dari dalam, oleh bintang bayi yang terkubur di dalamnya yang melontarkan jet gas yang terlihat mengalir di puncaknya. Terletak di dalam gunung padat ini adalah bintang-bintang yang masih muda. Pita panjang gas dapat dilihat terlontar ke dua arah yang berlawanan di bagian atas gambar. Sepasang jet terlihat di puncak lain di dekat pusat gambar. Jet ini, (dikenal sebagai Her-big Haro 901 dan Her-big Haro 902), masing-masing adalah rambu-rambu untuk kelahiran bintang baru dan diluncurkan oleh cakram gas dan debu yang berputar di sekitar bintang-bintang muda, yang memungkinkan materi perlahan-lahan bergabung ke permukaan bintang.

Her-big Haro 901

Di dalam kepala dari raksasa antarbintang ini, adalah sebuah bintang yang perlahan-lahan menghancurkannya. Sang Raksasa, sebenarnya merupakan pilar mati dari gas dan debu, berukuran lebih dari satu tahun cahaya panjangnya. Sang Bintang, tidak begitu terlihat melalui debu yang buram, meledak sebagian dengan menyemburkan sinar energik dari partikel. Pertempuran epik serupa juga sedang dilancarkan di seluruh daerah pembentukan bintang Nebula Carina (NGC 3372). Bintang-bintang akan menang pada akhirnya, menghancurkan pilar penciptaan mereka selama 100.000 tahun ke depan, dan menghasilkan sebuah cluster bintang terbuka baru.

Titik-titik merah muda adalah bintang baru terbentuk yang telah dibebaskan dari raksasa yang melahirkan mereka. Gambar di atas adalah hanya sebagian kecil dari mosaik panorama yang sangat rinci dari Nebula Carina diambil oleh teleskop luar angkasa Hubble pada tahun 2007. Nama teknis untuk jet bintang adalah objek Herbig-Haro. Bagaimana bintang menciptakan jet Herbig-Haro merupakan topik penelitian yang sedang berlangsung, namun kemungkinan melibatkan piringat yang semakin membesar (accretion disk) berputar-putar di sekitar bintang utama. Jet Herbig-Haro kedua yang mengesankan terlihat di bagian bawah gambar pilar debu Nebula Carina yang lebih besar.
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top