GuidePedia


Ola.. selamat hari pahlawan ^^

Akhirnya si magicaelly.blogspot ganti kulit juga eheheh :D what do you think? eco-friendlier theme, huh? ye know.. green.. teal... #racauanpagi :D

Since FR udah mulai menumpuk di draft, mari kita lanjutkan kegiatan blog membloging, mumpung lagi rajin :)

Why don't we start with resuming the things to do in Malaka. 

Yep.. lanjutan buat yang pengen short-visit di Malaka dan masih bertanya-tanya, kalo di malaka ada apaan aja sih? makan dimana? murah2 ga? well mari kita sharing dimari ;)

Basically kalo cuman punya waktu 2 hari 1 malam, mungkin central malaka tempat mainstream yang bisa dikunjungi. Kalo liat di peta, Malaka itu sebenernya gede, tapi isinya kebon semua. Civilization paling rame ada di central malaka :p iya itu yang si gereja merah, menara taming sari, st paul church dsb berada. Orang sini simply nyebut nama itu as Dutch Square

Dutch Square

Malaka central ini kalo dari hasil pengamatan gwe kemaren jalan, kayak kawasan kota tua gitu lah. Selain Dutch square, Central malaka juga punya pecinan sama kampung India. Ga serapih terbagi-bagi kayak di singapore sih, cuman bisa keliatan aja dari mayoritas penduduk tiap jalan dan blok. Cuman pusat turistiknya ya adanya di si Dutch Square itu. 

What to do in Central Malaka :

1. Heritage Trail tour
  
Since emang jadinya wisata sejarah, ada baiknya doing some research about history of each place. Karena di sana gwe mayan jarang ngeliat Guide dadakan. Guide biasanya ikut sama rombongan tur. Wisata sejarah di sini ga usah pake kendaraan. Dari hostel yang letaknya sekitar 200-500 meteran ga cape kok jalan. Tempat-tempat yang jadi inceran ya si Stadthuys (balaikota), Christ church, Victoria fountain yang ada di satu kawasan Dutch square. St. Paul ruins yang bisa diakses dari pintu masuk Stadthuys ato jalan dikit ke belakang ke arah museum melayu. N semua visiting di sini Free. di christ church ada kotak amal, kalo mo masukin ya ndak papa :)

Selain kawasan balai kota, Jalan sedikit ke arah barat (ke arah laut maksudnya) sekitar 200 meter, itu ada reruntuhan benteng A famousa, sisa peninggalan portugis, gratis juga. Trus ada museum melayu tapi waktu itu tutup. Di depan benteng A Famousa ada satu-satunya tempat ngadem di malaka, MALL :)) sepi juga kok mall nya, mayan buat ngadem. di depan Mall ini ada bangku-bangku taman di bawah pohon gede jadi cocok abis buat ngaso abis panas2an :p

A Fomousa Fortress
di dalem mall #penting :p
Masih di sekitaran situ, di pinggir sungai ada museum maritim. Bentuknya kek Kapal black pearl yg nubruk rumah. Tapi kayaknya bayar, gwe ga masuk juga ke situ hehe :p

Museum maritim
masih museum maritim


2. Malaka river Cruise

Buat yang mo ngiterin malaka lewat kali, yaaa sebelum ke venice nyobain di sini dulu kali ya. walopun ga pake gondola tapi bisa lah buat wisata sejarah lewat aer. Starting point di ujung deket museum maritim sampe lewatin Chinatown keknya. Gwe juga ga naek hehehe :D cuman bisa duduk pinggir kali n di dadah2in sama yang naek perahu -_-"

Well buat naek malaka cruise ini, bayar 20 MYR. Bisa naek sore hari ato malem. Keknya enakan sore sih, adem tapi lingkungan sekitar masih keliatan. tapi herannya pas malem, malah tambah rame kapal yang bulak/balik.

ini jalur si kapal muter2in kali itu ;)

3. Menara Taming sari

Di depan museum maritim ada semacam BTS yang ternyata itu menara n bisa dinaekin. Menara taman sari. Ini buat kalian yang mau liat malaka dari ketinggian 110 meter. And it revolves :p Biaya masuk situ 20 MYR. Ya buat nyobain mah mayan lah :) 

dari atas menara

visit : www.menaratamingsari.com for details ;)

4. Wisata Kuliner Jonker street

jonker street/walk

Jonker street. Aahh my fave place di sana. Kenapa? karena di sini lah pusat keramean backpacker heuhue :D banyak barang murah dijual, banyak tempat makan dari mulai makanan melayu, cina, india, sampe portugis. Jonker street ini mulai rame pas sore. Warung-warung pada buka, resto dadakan juga banyak yang buka, makin malem makin rame sepertinya. 

Buat yang muslim, jangan kuatir takut ga halal, di sini baik-baik pelayanannya. Mereka jujur bilang "it's not halal" tiap kali gwe masuk. Iyak, karena gwe pake jilbab :p

sebenernya inceran gwe di sana adalah si nasi ayam bola-bola. tapi gwe ga nemu yang halal -_-" . you should try pie duren. dijual 3 MYR isi 3, itu enak banget. di Jual di gerobak2 gituh, warnanya ijo sama kuning. enak banget lah.

Waktu gwe ke sana, kebetulan lagi gerimis n karena perut meronta2 jadinya kita maen asal masuk ke resto yang keknya mahal. N gwe masuk karena lucu aja interiornya ples tulisannya "portugese cuisine" ya uwis,, nyobain lah makanan yang biasa dimakan mourinho #eeaa

Gwe pesen semacam mie goreng gituh, biasa aja -_-", tapi yang khas itu disini ada welcome meal (iye bukan welcome drink :p), kek acar gitu, isinya buah... manisan gituh.. enak heuhue :D. sama mesen cumi goreng tepung n chicken wings something. Kirain porsinya seupil2 kek di PH, lha ternyata banyak sodara -_-". Harga? ga mahal kok :D Standar kalo makan di food lovernya GI ;)

Di Jonker banyak tipe makanan dengan beragam harga, so... you just walk in there and you'll find anything.

si manisan kece gratis :p

5. Hunting suvenir di Pasar melaka

Selain hunting suvenir oleh2 ato mo nyari barang2 aneh di jongker street, di deket menara taming sari, ada pasar melaka. Itu mungkin kalo di bali kaya sukawati gituh :D gw ga beli apa2 di situ juga since ga punya duit hehehe :D di situ tampaknya bisa ditawar. Alasan ga beli, karena to me ga ada barang khas kecuali gantungan kunci miniatur malaka as standard souvenir buat oleh2 hehehe :D

6. Sunset-an ;)

Ahh, like i've told before, kalo seandainya aja si kali di kota tua itu ditata n dibersihin, itu pastinya bakal kece banget buat hang out, duduk nyante sore2 baca novel sambil nyeruput kopi. Nah that kind of activity udah bisa dilakuiin di malaka. Bersih bo!. Trus syahdu aja gitu nongkrong di bangku pinggir kali sambil baca buku n ngopi ;) for a moment i feel like going back to the 15 century ;)

View sepanjang sungai
good book, coffee, sunset and a nice companion ;)
well those are the things you might want to have while wandering malaka central ^^. 

Hoo sedikit catatan, buat yang mau pulang ke KL ato daerah malaysia lainnya, untuk ke terminal malaka central, pagi2 masih jarang sekali bis ke sana, jadi satu2nya transportasi yang bisa dipake is taxi. Dari dutch square ke Terminal 12 MYR.

Now what things you do  in Malaka? feel free to share ^^

sumber
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top