GuidePedia


Kelanjutan dari trip ke malaka kemarin.

god Murugan
Ceritanya di malaka cuman sehari semalem aja, paginya sekalian mumpung ada di malaysia and niat balik ke singapore dari KL juga, maka kita pun melanjutkan perjalanan ke KL.

Dari Malaka ke KL satu2nya tranport ya pake bis dari terminal Malaka sentral yang kece itu. Harga bis Malaka - KL : 19 MYR (57rebuan, anggap 1 MYR = 3000). Pilihan bis? Banyak, tinggal pilih aja di konter2 bis yang bertebaran di sana :D.

Dari dutch square ke Malaka sentral kita kemarin pake taksi, karena ngejar sampe KL pas Dzhuhur. n dapet bis ke KL jam 9 pagi. Malaka - KL ditempuh dalam waktu 2 jam sajah. Waktu itu kirain si bis kita bakalan berenti trakhir di terminal puduraya, KL. ternyata kagak. Bis kita tau2 berenti di terminal yang awalnya kita kira airport




iyak ini terminal bis
N nama si terminal bis kece itu adalah BTS (Bandar Tasik Selatan). Dimana pulak itu? well kagak tau!! itu di KL tapi bukan si puduraya terminal. Padahal dari web kita taunya kalo mo ke batu cave adalah ngebis dari si Puduraya terminal.

Trus bingung? how to get KL central and puduraya terminal?. Setelah kita lalu lalang, nyasar2an n masing mencengangi itu terminal yang jauh lebih kece dari Bandara sukarno-hatta, kita dapet info to get to batu cave, lebih simple pake kereta. Karena ga ada bis dari BTS ke si terminal Puduraya.

Nah si BTS ini gabungan dari terminal bis penghubung antar kota dan negara (singapore) n kereta dalam kota Kuala Lumpur.

Nyampe di stasiunnya, kinda mbingungi juga gimana baca peta rute keretanya. info ga seinformatif di singapore ples kayaknya orang2 malaysia saat itu lagi pada badmood kali ya, ga enak buat ditanya2in, jadinya yaa kita improvisasi.


BTS KLM rail station

Kalo liat di peta n tanya dikit sih rute nya BTS naek kereta ke arah Rawang, turun di KL sentral. Dari KL sentral ganti kereta ke Batu cave. Harga tiket BTS - KL sentral 2.5 MYR. yang bingungin lagi. Abis turun di KL sentral, kirain tinggal transit doank, tapi engga, kita kudu keluar dulu trus beli tiket lagi buat ke Batu cave. Padahal buat ke batu cave, kita pake kereta yg kita naekin buat turun di Sentul n baru lanjut ke batu cave.

Bingung baca nya? Gini. Jalur buat ke batu cave dari BTS kalo liat rute. Harusnya kita pake kereta jalur ijo (arah rawang), trus transit di st. sentul (st. setelah KL sentral), baru ganti kereta ke batu cave. Tapi, instead of turun di sentul buat beli tiket ke batu cave, kita itu beli tiketnya kudu di KL sentral - batu cave. Gwe juga bingung kenapa sistemnya kayak gituh. Jadi daripada gwe nunggu kereta dari BTS selanjutnya, n karena kepepet waktu, jadinya kita di KL sentral kluar aja n mutusin naek taksi ke batu cave yg ternyata kagak jauh2 amat.

Taksi KL central - batu cave : 10 MYR , ditempuh dalam waktu 20 menit normal, 1/2 jam pake macet dikit. Sebenernya ada bis ke batu cave dari KL central, tapi waktu itu ga bisa riset karena kepepet waktu (ngincer balik ke singapore jam 5 sore).

Kalo mo pake bus, dari KL sentral cari bis 11/11d deket puduraya terminus ato bis U6 dari titiwangsa.

N Akhirnya sampe juga di si batu cave, yang kinda bkin amazed soalnya ternyata letaknya itu di tengah kota. Kalo kita googling pasti ngiranya itu letaknya di pinggiran kota jauh dari hingar/bingar. Ternyata salah besar!! tau2 taksi kita berenti si sekitaran fly over gituh, n jeng jeng, itu pintu masuknya ga kliatan kalo kita bakal masuk ke objek wisata berbentuk tebing.

sekeliling gerbang  masuk batu cave
Di pelataran tempat parkir mobil di batu cave banyak banget tempat2 bisnis orang india, dari mulai jual suvenir batu cave, tempat makan sampe kedai gunting rambut. Rame lah!

Well sampe sana jam 12 siang, yaa kita foto2 lah depan patung dewa murugan segede gaban. Waktu itu lagi renovasi patungnya, tapi tetep kece kok :)

Biaya masuk 3.00 MYR. buat masuk ke goa, ada 272 anak tangga to pass ;p ga setinggi n secapek yang terlihat di web kok ;) n hell yeah, banyak monyet di sana :) tapi insya Allah jinak. Oh iya, batu cave ini buka dari jam 7 sampe jam 9 malem.

me and god Murugan giant statue
Atap kuil di pelataran Batu cave
The famous stairs

Konon kabarnya kalo yang berhasil ngitung jumlah tangga pas naek sama tangga pas turun itu sama, lucknya bakal nambah. Gwe ga ngitungin though, capek jyeng ~_~"

Batu cave ini ternyata jadi tempat perayaan upacara tahunan Thaipusam., yang bukan cuman sama hindu tamil di malaysia aja yang dateng, tapi dari seluruh penjuru tempat, even india. kayak haji gitu kali ya ;)

Upacara thaipusam ini dilakukan pas full month di tanggalan tamil, yg biasanya kalo kata wikipedia bulan january/februari. So i think it would be nice of you visit it on that month :)

Abis nanjakin itu 272 tangga, you'd be amazed sama pemandangan dalem goa. There are some temples there. Di dalem dingin & becek, ya namanya juga goa 0_0. Brasa maen ke jaman mahabarata lah #kekpernahaja :D

Mulut goa
abis masuk goa, ada tangga lagi hosh!
 and here's the main temple inside the cave ;)

the main temple

sebelum sampe di mulut doa, di sebelah kiri, kira2 pada tangga ke 200an lah ya, ada tuh ada tangga yg menuju ke mulut goa kecil. Nah itu ternyata namanya the Dark cavae. di luar ada yang jagain semacam lsm pecinta lingkungan malaysia, n ternyata mereka adalah Malaysian Nature Society yg ternyata ngatur wisatawan yang keluar masuk goa gelap itu. Gwe ga masuk, karena bayar!. hehehe :D jadi ceritanya si the dark cave itu isinya adalah fauna2 yang dilindungi di malaysia. Hewannya berupa sejenis monyet dan kelelawar. N buat masuk situ lumayan restricted, kudu ikut eco toue dari si MNC tersebut. gwe lupa pasti harga tour nya brapa, yg jelas ga murah -_-"

n btw baru baca wikipedia , it says :
Below the Temple Cave is the Dark Cave, with rock formations and a number of animals found nowhere else. It is a two-kilometer network of relatively untouched caverns. Stalactites jutting from the cave's ceiling and stalagmites rising from the floor form intricate formations such as cave curtains, flow stones, cave pearls and scallops which took thousands of years to form.
Kamfreet kok keknya bagus yaa >_< well, guys kalo bawa uang lebih keknya masuk goa ini worth it deh *_*, kapan2lah kita ke sana lagi n mampir ke dalem ;)

ga mampu masuk ke dalem goa bayar T_T 


Selese gogoan, lanjut pulang lah. Nah buat rute pulang, kita mo pulang ke singapore lewat KL. Jadi kita akan, naek kereta lagi. Letak stasiun kereta batu cave di sebelah kanan posisi kita turun dari goa. Kita bakal ngelewatin semacam kebon binatang mini batu cave which i did not enter. Sekitar 200 meteran, keliatan kok stasiunnya.

Di jalan mo ke stasiun ada mba2 india tukang Henna ato lebih dikenal mehndi di sana, cuman 10 MYR, ya udah sih ya nyobain di kasih mehndi heuhue :D 

kebun binatang mini

mamer ;)

well sekian cerita ketempat patung dewa murugan yang segede gaban itu. Personally kenapa gwe milih ke batu cave, this place is the only place attracted me most about KL. what can i do, i'm a fan of something spiritual ;)

Ho  balik ke jalan pulang lagi, ya itu... naek kereta ke KL sentral trus lanjut ke BTS lagi and naek bis ke singapore dari situ. Buat harga bis ke singapore beragam, tergantung kelas. Kita beli yang paling cepet datengnya which is jam 5 sore n dapet di harga 40 MYR. Kenapa ga milih yang paling murah ly? | Well egilalo, sampe di singapore jam brapa -_-". KL - Singapore ditempuh dalam waktu 6-7 jam sodara, n sekali istirahat. 

Kita sampe juga di sing jam 11 malem n heuheu mampir Clarke Quay dulu bentar, ga ngapa2in cuman nongkrong doank liatin orang sling shot an ;)

well it was geje-fun-exhausting yet thrilling trip for me ;) 

Kelanjutan jalan2nya udah gitu doank? | Ya engga lah, masih ada satu hari lagi besok, sebelum gwe balik ke jakarta. N tomorrow, bakal some short , really short trip around Singapore ;)

Till the next posting ^^


Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top