GuidePedia

Asia sebagai sebuah percampuran antara benua yang besar dan ekspansif dengan negara - negara kepulauan, maka Asia adalah lanskap geologis yang dinamis. Dan dengan adanya aktifitas vulkanik di kepulauan Pasifik, hasilnya adalah tempat yang fantastis bagi para pendaki maupun para pejalan kaki.

Kawasan ini memiliki banyak pemandangan indah, dari pantai - pantai yang hangat, hutan tropis, hingga pegunungan bersalju. Kali ini, kita akan menyoroti jalur pendakian yang mendekatkan Anda pada alam. Dan inilah 6 jalur pendakian terbaik di Asia.

1. Jalur Pantai Abel Tasman, Selandia Baru
Selandia Baru mungkin adalah salah satu negara terbaik di dunia untuk pendakian, sehingga akan salah besar jika saya tidak memasukkannya ke daftar ini. Meski ini pilihan yang sulit dan setiap orang punya opini pribadi, saya tetap pada pilihan favorit saya di Abel Tasman.

www.belantaraindonesia.org

Berputar - putar sepanjang pesisir barat laut pulau Tasmania, Anda akan mendapatkan rute yang lumayan datar dan terus - menerus memberi Anda pemandangan laut. Tetapi, Anda tetap bisa menjelajahi flora dan fauna di sekitar situ. Menyeberangi sungai laut dan aliran air akan membuat perjalanan semakin seru, tapi sisakanlah waktu untuk duduk bersantai di beberapa pantai yang nyaris kosong dan masih bersih di sepanjang jalan.

2. Wilson Trail, Hong Kong
Tak jauh dari kumpulan lampu neon dan asap polusi Hong Kong, ada jalur pendakian yang menarik. ( Siapkan saja masker wajah jika Anda sensitif terhadap polusi ). Anda bisa berjalan menuju New Territories untuk jalur pejalan kaki yang panjang dan berpemandangan indah, tapi Anda juga bisa menemukan jalur pendakian di Pulau Hong Kong.

www.belantaraindonesia.org

Pilihan populer adalah Wilson Trail, jalur sepanjang 87 km dari Stanley di pulau sampai ke Nam Chung di Semenanjung Kowloon. Jalur ini akan melelahkan, tapi pemandangan yang akan Anda dapati dari puncak - puncak di sepanjang rute ini akan sebanding dengan usaha Anda.

3. Tebing Harimau Melompat, Cina
Jika Anda menginginkan sebuah petualangan Cina yang luar biasa, maka pergilah ke Tebing Harimau Melompat. Di sana, Anda bisa mendaki sambil melihat lanskap menarik di salah satu tebing sungai terdalam di dunia. Dengan panjang 15 km, tebing ini diberi nama “Harimau Melompat” karena seekor harimau legendaris pernah melompat dari pinggir tebing untuk menyelamatkan diri dari seorang pemburu. Tetap saja, ini bukan lompatan yang mudah, karena pada jarak terdekatnya, lebar antar tebing adalah 25 meter.

www.belantaraindonesia.org

Jalur yang dinamai High Road ini agak sempit, tapi tetap terjaga dan memiliki beberapa perhentian akomodasi. Anda juga bisa berjalan lebih dekat ke sungai sehingga bisa merasakan kedalaman lembah tebing dan melihat air, tapi kadang jalur ini bisa tidak stabil dan kurang aman. Jalur tebing tidak aman untuk pendakian sepanjang hujan di musim panas.

4. Overland Track, Australia
Terletak di kawasan sepanjang 65 km di Australia yang paling indah, Overland Track di Tasmania adalah tempat yang harus Anda kunjungi jika berada di pulau ini. Dari Gunung Cradle sampai Danau St Clair terhampar keajaiban alam, dan di sepanjang jalan Anda bisa melihat beberapa gunung tertinggi di Tasmania dan air terjun indah.

www.belantaraindonesia.org

Jalur ini juga sangat cocok untuk melihat ekosistem unik di pulau ini. Cukup menantang tapi sepadan jika dibandingkan dengan jalur - jalur serupa di kawasan ini. Pastikan Anda meminta izin sebelumnya dan jagalah kebersihan.

5. Pegunungan Pamir, Tajikistan
Tajikistan tampaknya mulai jadi tujuan populer, tapi masih sulit dicapai. Percaya atau tidak, Pegunungan Pamir yang menawan dan masih perawan ini menawarkan jalur pendakian dan jalan kaki yang sesuai untuk semua tingkat kebugaran. Anda membutuhkan izin ( yang tidak mahal ) untuk mengakses jalur - jalur ini.

www.belantaraindonesia.org

Mengingat jalurnya cukup terpencil, pastikan Anda membawa semua peralatan yang dibutuhkan dan persiapkan diri dengan cara - cara keselamatan di pegunungan. Gharm Chasma dan Julandee adalah titik - titik awal yang bagus untuk menjelajahi daerah ini. Jangan lupa membawa kamera!

6. Gunung Fuji, Jepang
Ada ungkapan seperti ini, “Anda bijak jika sekali mendaki Gunung Fuji, tapi bodoh jika mendakinya dua kali.” Terletak sangat dekat dengan TokyoGunung Fujiyama terlihat sangat besar dan sulit, tapi pendaki dari berbagai usia dan tingkat pengalaman sudah mendakinya tanpa kesulitan. Waktu terbaik pendakian adalah Juli - Agustus, cuacanya paling baik dan kebanyakan saljunya sudah meleleh.

www.belantaraindonesia.org

Meski begitu, rutenya masih akan cukup berlumpur, jadi sepatu yang bagus harus disiapkan. Melihat matahari terbit di puncak Gunung Fuji adalah pengalaman yang surealis, tak banyak yang bisa membandinginya. Untuk melakukan ini, Anda harus mulai mendaki sejak siang, sehari sebelumnya. Lalu menginaplah di pondok - pondok yang tersedia di sepanjang jalan.

Ini adalah pilihan populer; ada banyak pondok yang bisa Anda inapi dan sistemnya sangat mendukung turis. Hanya ingat, setelah Anda selesai, masih ada beberapa jam transportasi sebelum Anda kembali ke akomodasi ( jika menginap di Tokyo ). Dan itu berarti perjalanan panjang. source

Beli yuk ?