GuidePedia

0

Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa ibu mertua sering bermusuhan dengan menantu perempuannya. Apakah masih sering terjadi?

KapanLagi.com - Di Indonesia, ada aturan bahwa menikah tidak hanya masalah Anda dan pasangan, tetapi juga keluarganya, terutama sang ibu mertua. Seringkali, hubungan menantu perempuan dan ibu mertua jauh dari kata akrab. Mungkin di depan tampak akrab, tetapi jika saling tak bertatap muka, keduanya bagaikan musuh dalam selimut.

Hal yang paling sering terjadi adalah.. sang ibu mertua masih belum bisa percaya bahwa menantu perempuannya bisa merawat puteranya sebaik dirinya, sehingga terkadang sang ibu mertua dianggap terlalu ikut campur oleh sang menantu perempuan. Kami tidak menuding salah satu pihak sebagai penyebabnya, karena kami yakin bahwa maksud keduanya baik dan tidak berniat menjadi musuh.

Tapi.. apakah perseteruan ibu mertua vs menantu perempuan masih terjadi? Masih. Bahkan sebuah survey yang dilakukan oleh ThirdAge memaparkan hasil berikut ini:

Seperti apa hubungan Anda dengan menantu perempuan?

38,8% seperti anak sendiri
28,3% menganggapnya sebagai menantu (saja)
24,4% seperti teman
9,8% seperti musuh

Apakah menantu Anda pernah meminta saran dan mengikuti saran tersebut?

55% kadang-kadang
41,4% tidak pernah
3,6% selalu

Apakah Anda sering memberikan nasihat pada menantu walau dia tidak memintanya?

50,4% kadang-kadang
42,6% tidak pernah
7% selalu

Setelah pernikahan mereka, apakah hubungan Anda dengan putera Anda berubah?

57,4% sama saja seperti sebelum menikah
22,3% hubungan menjadi lebih buruk
20,3% hubungan menjadi lebih baik

Setelah pernikahan mereka, apakah hubungan Anda dengan menantu perempuan berubah?

46,9% sama saja seperti sebelum menikah
33,5% hubungan menjadi lebih baik
19,6% hubungan menjadi lebih buruk

Menantu Anda selalu... (boleh menjawab semua)

51,4% meminta bantuan saya merawat cucu
40,5% memuji saya di depan putera saya
30,9% mengkritik saya di depan putera saya
17,9% membuat jarak antara saya dan cucu
16% meminta uang pada saya
14,7% mengkritik cara saya mendidik

Apakah Anda menghabiskan liburan bersama putera Anda dan menantu perempuan?

28,2% kami saling bergantian berlibur di rumah kakek atau nenek, atau keluarga yang lain
27,9% ya, kami berlibur bersama di rumah saya
18,3% ya, kami berlibur bersama di rumah mereka
12,8% tidak, dia (menantu wanita) lebih suka bersama keluarganya
12,8% tidak, hal itu tidak akan mungkin terjadi

Apakah Anda menyukai menantu perempuan Anda?

53,9% sangat menyukainya
23,7% dia baik
13,3% kadang-kadang
9,1% tidak pernah menyukainya

Apakah menurut Anda, menantu perempuan Anda adalah yang terbaik untuk putera Anda?

60,6% ya
19,5% tidak
19,9% tidak tahu

Apa kritik Anda terhadap menantu perempuan Anda?

44,7% dia sangat baik, saya tidak ada kritik
15,7% dia terlalu mengatur putera saya
11,5% dia berusaha menjauhkan saya dari putera saya
10,8% dia tidak terampil merawat rumah
5,4% dia membuat jarak antara saya dan cucu saya
9,5% dia sering menghambur-hamburkan uang
2,5% dia ibu yang tidak baik

Jika dapat digambarkan, seberapa dekat jarak Anda dengan menantu perempuan?

50,6% sangat dekat
19,2% sekitar 80 - 160 km
15,6% sekitar 160 km - 800 km
13,6% sekitar 800 km

Bagaimana dengan Anda sendiri? Seberapa dekat jarak Anda dengan ibu mertua?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top