GuidePedia

0
PALOLO PARIS VAN CELEBES

Tugu Sebelum masuk ke Palolo

Bagaimana kabar kamu hari ini ? sehat- sehatkan ?. Tahun lalu saya berkesempatan jalan - jalan ke palolo "Paris Van Celebes" saingannya "Paris van Java" (Bandung), kenapa namanya Paris Van Celebes ? karena suhu udara di sana dingin sekali, saking dinginnya, kalau mau mandi minimal tunggu matahari lagi berseri -seri sekitar jam 10 atau 11kalau tidak siap-siap saja mandi air es he he he.



Palolo adalah suatu daerah di kab. Biromaru. jarak tempuh dari kota palu kurang lebih sekitar 1 jam lebih. Daerah ini merupakan dataran tinggi jadi tidak heran kalau dingin sekali. Masyarakat di sini terdiri dari suku Toraja dan Bugis.Mungkin pikiran kalian orang di kampung itu jelek -jelek eit tunggu dulu, ternyata sebaliknya loh. Pada suatu kesempatan saya berkunjung di salah satu sekolah di sana anaknya banyak yang cantik - cantik ^_^. Masyarakat disini rata - rata berprofesi sebagai petani baik padi maupun coklat karna daerah ini sangat subur. Konon saking suburnya daerah ini tanaman bisa tumbuh sangat besar.



Hamparan Padi




Danau Di Tengah Hutan




Palu from Palolo 2


Hal yang menarik di sini kalau pagi menjelang jangan kaget ya, karna di jalan - jalan berkabut seperti di film Korea atau Barat kamu bisa liat uap dari mulut kamu, kalau di perhatikan seperti Naga mengeluarkan api tapi jangan lupa sikat gigi dulu nanti bau NAGA hehehe. Pada suatu kesempatan saya di ajak teman saya untuk liat kebut Strawberry namun sayang hujan melanda, walaupun daerah kami sangat dekat dengan katulistiwa bukan berarti panas buktinya disini dingin sekali sampai bisa tumbuh strawberry bunga sakura bisa kali ya ?.

Saking dinginnya puncaknya tidak kelihatan


Disuatu sore, saya jalan - jalan melepas rindu bertemu sahabat - sahabat lama saya yang sedang PKL ( bukan pedagang kaki lima ) di sana. Luar biasa jalan yang harus di tempuh sampai motor saya mau jatuh knalpotnya untung tidak apa -apa. Di tempat sahabat saya mengajar masyarakatnya hidup rukun berdampingan walau perbedaan besar di antara mereka seperti agama dan bahasa, patut di contoh.

Sebenarnya belum mau pulang tapi, ya saya harus tetap menjalankan tugas saya di kantor. Sekian dulu ya, Hobi saya mencari hal - hal yang baru dan menarik. semoga bermanfaat. Oh ya saya mau explorasi ke Napu konon di sana ada dataran seperti New Zealand dan kadang kalau mau Hujan turun kristal es. Banyak yang kabar yang menyatakan seperti itu bener atau tidak ya kita buktikan saja sendiri. Saya senang sekali kalau ada yang mau share. Jangan malu - malu komen saja saya bales kok...

Sumber
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top