GuidePedia

0
kota banyuwangi

Kalau boleh jujur, menurut saya tidak ada objek wisata yang cukup menarik di Kota Banyuwangi. Ingat.. Di Kota Banyuwangi loh ya, bukan Kabupaten Banyuwangi. Sampai di Banyuwangi saya menelusuri jalanan utama kota tersebut dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 5-6 km melintasi tengah kota. Mulai dari Jalan Adi Sucipto menuju ke Jalan Ahmad Yani, terus hingga Jalan Jenderal Basuki Rahmat dan Jalan Yos Sudarso.

Sayangnya saya tidak menemukan objek yang benar-benar menjadi ciri khas Banyuwangi. Bukan hal yang aneh sih karena Kota Banyuwangi hanyalah sebagai pusat pemerintahan saja dan tidak dikembangkan sebagai kota wisata. Tempat-tempat wisata terutama wisata alam kebanyakan berada di luar kota. Seingat saya, saya hanya melihat Museum Blambangan yang terletak di Jalan Ahmad Yani yang terlihat sangat sepi dan tidak ada orang yang berjaga dengan pintu gerbang yang hanya terbuka sedikit saja. Melihat kondisi seperti ini saja jadi ragu untuk masuk. Atau memang karena sudah mulai sore jadi museum sudah tutup yah?

Berjalan kaki di Kota Banyuwangi sebenarnya cukup nyaman. Kotanya bisa dibilang tidak terlalu luas namun sangat sangat bersih. Hanya dalam waktu hitungan jam Anda sudah bisa mengelilingi kota. Trotoar di tengah kota digunakan sebagaimana mestinya. Pepohonan juga sangat rimbun berada di tepian mapun median jalan. Lebih nyaman lagi karena lalu lintas di kota ini bisa dibilang cukup sepi. Tidak banyak kendaraan yang lewat baik itu mobil maupun motor. Yang jelas tidak sepadat kota-kota besar. Angkutan umum di kota ini didominasi oleh angkot yang cukup sering hilir-mudik mengantarkan penumpang. Taksi? Meskipun ada, namun alat transportasi yang satu ini memang cukup jarang ditemui di Banyuwangi. Mungkin karena jumlahnya tidak terlalu banyak.

kota banyuwangi
kota banyuwangi
kota banyuwangi

Sepanjang jalan utama di tengah kota kebanyakan dihuni oleh gedung-gedung perkantoran baik milik pemerintah maupun swasta. Tidak ketinggalan juga rumah dan toko-toko yang berderet di sepanjang jalan. Di kota yang satu ini Anda jangan berharap bertemu banyak mall layaknya di kota besar. Kalau saya tidak salah hanya ada beberapa, itupun tidak terlalu besar. Yang paling terkenal tentunya adalah Roxy yang terletak di Jalan Ahmad Yani. Selebihnya hanyalah pusat perbelanjaan seperti Giant, Ramayana, dan sejenisnya. Bagi yang tidak suka dengan riuhnya kota besar, Kota Banyuwangi merupakan kota yang cukup nyaman untuk ditinggali mengingat suasananya yang tidak terlalu crowded bahkan cenderung sepi. Tidak seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, maupun Makassar yang selalu saja macet setiap hari. Karena tidak menemukan sesuatu yang menarik, sepertinya akan lebih seru kalau nyore di Pelabuhan Ketapang. Yuuukk..

http://www.wijanarko.net/2012/01/beginilah-suasana-kota-banyuwangi.html
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top