GuidePedia

0
monumen perjuangan rakyat jawa barat

Nggak terasa sudah masuk hari kelima berada di Bandung. Padahal belum banyak objek yang bisa saya kunjungi. Sepertinya traveling ke Bandung ini waktunya cukup banyak tersita di jalan. Ya kemana-mana macet. Perjalanan yang cuma 20 km aja bisa 2-3 jam. Nah di hari kelima ini saya juga udah nggak ada rencana kemana-mana. Saya hanya akan mengunjungi teman lama saya yang tinggal di Bandung. Kebetulan dia ngekost di daerah Dipati Ukur. Nggak ada salahnya dong main kesana, apalagi kalau nggak salah udah sekitar 4 tahun nggak ketemu.

Setelah check out dari International Catellya Guest House saya melangkahkan kaki ke Jalan Paskal. Dari sana saya naik angkot jurusan Ciroyom-Cicaheum. Saya cuma diminta oleh teman saya untuk turun di depan Unpad. Yah ngikut aja sesuai panduan karena saya memang nggak hafal Bandung. Beberapa hari disana jalan-jalannya keluar kota melulu. Nah saat turun dari angkot saya secara nggak sengaja ketemu dengan sebuah bangunan monumen yang cukup mencolok. Awalnya saya tidak tahu monumen apakah ini. Disana hanya ada tulisan “Monju”. Apalagi saya juga nggak sempat mengeksplor lebih lanjut karena saya menunggu jemputan teman saya ini yang rupanya ngekost di belakang Monju ini.

Sepulang dari Bandung, saya baru browsing-browsing tentang Monju. Rupanya Monju adalah singkatan atau mungkin kata umum yang biasa digunakan untuk menyebut Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Seperti pada umumnya sebuah monumen lain, Monju dibangun untuk mengenang heroiknya para pahlawan-pahlawan asal Jawa Barat yang berjuang mati-matian melawan penjajah. Bentuk monumen ini cukup unik, menyerupai sebuah bambu runcing yang menjadi senjata andalan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Sayang sekali saya nggak bisa mengeksplor lebih banyak. Jangankan mengeksplor, saya saja cuma mengambil foto dari luar pagar di pinggir jalan raya sambil menunggu jemputan teman saya. Apalagi siang itu Bandung sangat panas, jadi semakin aras-arasen. Namun bagi yang suka city tour, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan Anda. Lokasinya ada di Jalan Dipati Ukur, depan kampus Unpad. Tidak jauh dari Monju, tepatnya di sebelah selatannya terdapat Gedu Sate yang juga cukup popular sebagai objek untuk city tour di Bandung.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top