GuidePedia

0
Cara menjaga stamina dalam pendakian sebenarnya hal yang mudah, tetapi seringkali banyak dilupakan dan atau tidak diterapkan dengan benar. Bila itu yang terjadi, stamina kita akan mudah terbuang dengan percuma, bahkan sering terjadi, dalam pendakian maupun bergiat di alam bebas, belum sampai tujuan, kita sudah terkapar. Dan berikut ini sedikit cara menjaga stamina dalam pendakian anda.


Badan kita akan lebih banyak menggunakan tenaga saat perjalanan mendaki dibandingkan jalanan mendatar ataupun menurun. Di perjalanan yang jauh, mengatur makanan yang baik adalah sama dengan mengatur tenaga.

Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, karena bisa di olah lebih cepat oleh tubuh daripada makanan yang mengandung banyak protein dan lemak, sehingga tenaga bisa segera digunakan.

Makanlah 2 jam sebelum perjalanan dan sebelum tidur, dengan demikian badan mendapat kesempatan untuk mengolah dan mengembalikan tenaga yang dipergunakan.

Membawa sedikit lebih banyak tidak mengapa daripada kekurangan.

PERSYARATAN UMUM BAGI MAKANAN
- Ringan dan mudah dibawa
- Makanan yang dikeringkan atau bahan makanan yang kering adalah yang terbaik dan disimpan dalam kantung plastik yang kedap air.
- Mudah dimasak untuk menghemat waktu dan bahan bakar. Makanan yang di awetkan cukup di hangatkan.
- Harus banyak mengandung karbohidrat, terutama dalam cuaca dingin memerlukan asupan makanan dalam jumlah besar.
- Minum diperlukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang bersama keringat dan penguapan tubuh.

CARA PENGEMBALIAN TENAGA PADA SUHU NORMAL
- Jangan tegesa - gesa.
- Hentikan pengeluaran keringat yang berlebihan.
- Tetap hangat.
- Tetap kering.
- Makan makanan kecil atau cemilan tetapi bukan cepuluh.
- Minum air hangat.
- Istirahat.

Saat kita mendaki sebaiknya tidak melakukan gerakan yang percuma saat melangkah dan aturlah pernafasan saat pendakian, karena dengan nafas yang teratur, kita bisa mengolah tubuh agar tidak terlalu lelah. Usahakan jangan minum yang mengandung rasa asam karena terkadang tidak cocok dengan suhu tubuh yang sedang bekerja keras untuk mendaki. Lebih baik ganti dengan yang manis ataupun tawar. Makanan yang mengandung cokelat sangat membantu saat tubuh dalam kondisi lemah dan lelah cenat - cenut ( hasyah..), karena dalam cokelat banyak mengandung zat yang diperlukan tubuh, seperti protein, lemak, fosfor, kalsium dan vitamin A.

Salam rimba Indonesia dan selamat berpetualang!

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top