GuidePedia

iseng-iseng berhadiah niyh om :D
langsung aja ya menuju ke keterangan :p
jadi yang berangkat tuh 5 orang dibagi 2 team, yaitu:
team summit 3 orang : serz, b-soul, gori
team research 2 orang : pansus & buldozer

dari kiri ke kanan : serz(ane), buldozer, goriwo, b-soul, pansus.

Pertama2 aing minta maaf soalnya baru bisa berbagi sekarang, kemaren2 sibuk kuliah sama males ngetik :hammer:

ni aing ceritain dari versi summiter, soalnya yang team research dah brangke duluan seminggu lebih cepet. trus ane juga ceritanya singkat2 aja ya.,., soalnya aing ga bisa cerita dan mengarang indah :malu:

ga pake banyak cang cing conk.,., langsung dinikmati ceritanya..,.

begini ceritanya :D:
jalur:
jogja surabaya (kendaraan darat) (ongkosnya relatif)
surabaya-makassar-biak (naik pesawat) (onkgosnya 1.050 rb- 3.500 rb)
biak-nabire (naik pesawat) (1- 1.5 jt)
nabire-sugapa (naek pesawat) (550 rb - 1.5 jt)

buat nabire ke sugapa ni agak aneh, soalnya pesawatnya ga pasti ada, apalagi yang harga 550 rb,., trus jalur ni blom ada jalan darat, klo mau jalan kaki siyh ga papa.,., :paling seminggu baru nyampr

alternatif yang laen yaitu naek kapal laut dari surabaya ke nabire (sekitar 5-6 hari ongkosnya klo ga salah 625rb/orang)

Day1:
Sabtu, 31 Juli 2010
Hari pertama yang di awali bangun sangat pagi buat persiapan upacara pelepasan. Rencana upacara akan di mulai pada pukul 07.30 WIB tertunda hingga 08.00 WIB. Setelah upacara selesai, kami bersiap untuk berangkat menuju bandar udara Juanda yang ada di Surabaya. Berangkat dari Yogyakarta tepat pukul 12.00 WIB dan sampai di Surabaya pukul 20.40 WIB perjalanan ini naik mobil. sempet lha mampir dulu nyari nasi :D

Day2:
Minggu, 1 Agustus 2010
Diawali dengan Kami menunggu pesawat dari pukul 21.30 WIB hingga pukul 00.20 WIB, delay ni pesawatnya sampe 2 jam lebih, kita naik pesawat M*RP*TI,. dah nunggu lama hingga akhirnya kami terbang ke Papua dan transit di bandara Hassanudin Makassar. Pukul 02.30 WITA poto2 bentar sama seroja (serokoan langsung jalan :p).. abis tu kami melanjutkan perjalanan ke Papua dan kami sampai di Papua tepatnya di Pulau Biak pukul 07.30 WIT. eh ternyata dah di jemput sama bibi dari salah satu team. luamyan lha ngirit biaya :D.

Day3:
Senin, 2 Agustus 2010
Hari ketiga ini cuaca gerimis, kegiatan kami hari ini adalah sedikit olahraga dan melakukan briefing buat bagi2 tugas. Setelah makan siang kami melakukan olah raga dengan berjalan kaki mengelilingi kota Biak selama 2-3 jam..,. Tujuan jalannya ke pantai, TPI (tempat pelelangan ikan). pas dah nyampe sana, kami poto, nongkrong2, langsung pulang, pas pulang kami putusin naek angkot (taxi klo disana),, soalnya kami lupa jalan pulang :p,. rupanya pas nyampe rumah, dah disiapin ikan laut buat dipanggang.

Day4:
Selasa, 3 Agustus 2010
Hari ini cerah sekali, kami bersiap-siap packing untuk berangkat ke Nabire. Kami berangkat ke bandara pada pukul 08.30 WIT, mampir dulu ke goa jepang dan pintu angin, sampe di bandara sekitar jam 09.30 tapi ada keterlambatan pesawat hingga pukul 14.25 WIT. Perjalanan dari Pulau Biak menuju kota Nabire membutuhkan waktu 1 jam 5 menit. Sampai dibandara kami di jemput sama team yang berangkat duluan dan langsung menuju basecamp tempat kami menginap. Sampe di basecamp kami bercengkrama, ngobrol2 bentar, langsung istirahat.

Day5 - 12:
Rabu, 4 Agustus 2010 - Rabu, 11 Agustus 2010
Hari2 disini sungguh membosankan, monoton, bingung nyari hiburan. Kendala kami adalah bahan makanan dan biaya hidup dikota Nabire yang lebih mahal. trus jadwal penerbangan juga ga jelas, nyari tiket pesawat mirip kaya nyari tiket bus kalo dikota ane tinggal sekarang,. solnya penerbangan menuju Sugapa udah di subsidi sama pemerintah buat kepentingn pemerintah dan warga sana. Setelah sekian hari teman kami mengurus tiket penerbangan akhirnya mendapatkan tiket juga itupun cuma dapet 2 tiket doank,. Dan besoknya, dua orang dari lima orang atlet akan terbang ke kabupaten Sugapa Intan Jaya. dan 3 orang sisanya menyusul, tp entah kapan, soalnya ga dapet kejelasan jadwal penerbangan. setelah itu hari2 diisi di bandara dan mencari tiket pesawat, gitu 2 terus sampe akhirnya kami penerbangan menuju Sugapa tanggal 11 Agustus.

dengan rasa senang kami berangkat menuju Sugapa, bener2 penuh perjuangan buat nyari tiket penerbagan disini. susahnya amit2 dah.,., :nohope:.. Sesampainya di distrik Sugapa kami di jemput 2 orang dr team yg dah duluan... oh iya, ni hari pertam puasa, trus sampe disana kami ngobrol2 bentar, trus sosalisasi sama warga2 sekitar, ya kenalan2 dulu gitu lha.,

BANDARA di SUGAPA

KOTA SUGAPA

PASAR di Sugapa

rumah asli papua (HONAY)
Day13 - 18:
Kamis, 12 Agustus 2010 - 17 Agustus 2010
Hari pertama di distrik Sugapa kami menjalani aklimatisasi buat penyesuaian tubuh terhadap suhu yang ada di Sugapa, suhu di Sugapa dingin juga lho soalnya ketinggian di dusun ini sampe 2000-2200 mdpl. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi pedesaan walaupun pada awalnya masyarakat sedikit curiga sama kami. Kamipun mendatangi beberapa instansi pemerintah yang ada di Sugapa buat ngurus izin sama meminta pertimbangan masalah keamanan jalur menuju ke Cartenz. dan akhirnya kami diberi izin jalan tanggal 18 Agustus.

Hari2 disini tidak membosankan, soalnya kami tiap hari jalan muter2 kampung trus menikmati indahnya alam sekitar, kami juga tiap hari jalan sampe 6 km buat aklimatisasi, ini penting juga buat perjalanan kami entar menuju ke cartenz. Tercatat jarak dari base camp sugapa - puncak Cartenz sekita 72 Km. disamping kami jalan2.. kami bersosialisasi sama warga sekitar, lumayan ramah lha klo dibilang, selain ramah, mereka juga jujur, lugu dan lucu.. kegiatan sosil ini penting buat yng mo naik lewat jalur sini. semakin sering bersosial, semakin enak dan nyaman jalan kita buat naik ke cartenz..,

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !