GuidePedia

0

Katupe sayur racikan uni Pariaman ini memang sungguh menggugah selera. Selain lontong dan sayur, ada telur balado, gulai ayam, atau rendang yang bisa jadi pelengkap. Guyuran kuah yang garang kemerahan terasa gurih-gurih pedas slurpp.. amboi lezat nian!

Saat diajak seorang teman untuk berkeliling di Pasar Modern BSD saat hari libur kemarin, tentu saja dengan semangat saya mengiyakan. Pasalnya sudah lama saya penasaran ingin melihat pasar modern yang dipuji banyak orang tersebut. Agar tak kehabisan jajanan enak dan sayuran segar, pagi-pagi sekali saya pun sudah meluncur kesana.

Saat tiba jejeran penjual makanan di ruko-ruko bagian depan pasar sudah menggoda mata. Ada penjual yogurt, serabi Notosuman yang terkenal itu, sampai penjual kue-kue dari amris, kue mangkok, pastel, hingga tiwul yang sedang diserbu pengunjung. Bagian dalam pasar pun tak kalah ramai oleh pengunjung. Tempatnya berlangit-langit tinggi, bersih, dan terbagi rapi dimana sayur-sayuran, ikan, dan buah-buahan dijual perkelompok.

Sebelum mulai berbelanja, sasaran pertama kami adalah sarapan bagi berupa ketupat sayur. Tujuan kami adalah RM 'Uni Elok' yang menyediakan masakan Padang. Oh ya, menurut teman saya rumah sang pemilik asal Pariaman ini juga ikut menjadi korban gempa Padang lalu.

Tak sulit mencari RM Uni Elok, sebab teman saya merupakan pelanggan setia ketupat atau katupe ini. Ditambah lagi tulisan 'Uni Elok' berwarna merah menyala cukup mencolok dari kejauhan.

Di bagian depan etalase kaca tertulis menu andalan rumah makan Ranah Minang ini yaitu soto Padang dan ketupat sayur. Sedangkan dibalik kaca terdapat jejeran lauk-pauk yang dipajang berderet khas rumah makan Minang. Ada rendang, dendeng balado, gulai ayam, ayam bakar, tunjang, hingga sambal jengki. Nah, seporsi katupe sayur dengan tambahan gulai ayam dan soto Padang pun menjadi pilihan kami untuk mengisi perut pagi itu.

Rasanya pilihan kami tak salah. Saat didorkan sepiring katupe sayur, wah... air liur ini pun langsung terbit. Siraman kuah kemerahan plus taburan kerupuk kanji menjadikan katupe a la Pariaman ini sungguh menggoda! Begitu pula soto Padang yang disajikan semangkok penuh hingga hampir meluber dari bibir mangkok.

Katupe sayur disajikan dalam piring putih cekung. Isinya bukan menggunakan ketupat melainkan lontong berwarna putih dengan bagian luar hijau alami dan berukuran cukup besar. Selain potongan katupe ada buncis yang diiris kecil, potongan nangka muda, dan sepotong gulai ayam.

Sebagai pelengkap katupe ini diberi topping kerupuk kanji merah muda, bawang goreng, sambal serta bumbu rendang. Tampilan yang garang memang merupakan ciri khas hidangan Pariaman yang gurih pedas. Hmm... tanpa buang waktu saya pun langsung menyantapnya dengan lahap.

Guyuran kuah bersantan katupe sayur ini terasa sangat pas di lidah saya, tidak terlalu kental ataupun encer. Lontongnya lembut berpadu serasi dengan kuah yang gurih-gurih pedas dan sayuran buncis dan nangka muda. Tambahan gulai ayam membuat lontong terasa makin komplet dan mengenyangkan. Tak terasa sepiring katupe sayur dihadapan saya langsung ludes tak bersisa!

Rupanya soto Padang yang berisi suun, perkedel dan potongan dendeng sapi yang dinikmati teman saya pun mengalami nasib serupa. Kuah soto Padang yang bening ini beraroma kapulaga yang kuat dan wangi. Setelah diaduk dengan sambal kuahnya lebih terasa segar dan nikmat. Apalagi porsinya cukup banyak sehingga tanpa memakai nasi pun sudah membuat perut kekenyangan.

Menikmati hidangan sederhana nan lezat dari Ranah Minang ini membuat kami tak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam. Seporsi soto Padang yang lezat cukup dihargai Rp 13.000,00 dan Rp 17.000,00 untuk katupe sayur plus gulai ayam. Jadi, kalau mampir ke Pasar Modern BSD jangan lupa mampir mencicipi lezatnya katupe si uni ya!

RM Uni Elok
Masakan Padang
Pasar Modern BSD
Serpong - Tangerang

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top