GuidePedia

0

Warna kuning itu adalah penghasil pigmen mandiri pada tawon



Para lebah oriental memiliki 'sel surya' di dalamnya, yang menghasilkan listrik dari sinar matahari-yang pertama dalam kerajaan hewan, menurut sebuah penelitian baru.

Para ilmuwan sudah tahu bahwa spesies lebah, untuk alasan yang tidak diketahui, menghasilkan listrik di dalam ruas tulang luarnya, menurut pemimpin studi Marian Plotkin dari Tel-Aviv University .

Plotkin mentor akhir,Yakub Ishay, membuat penemuan setelah mengamati bahwa serangga paling aktif ketika matahari bersinar dengan intensitas yang cukup.

Plotkin dan rekan baru-baru ini melangkah lebih jauh dengan memeriksa struktur exoskeleton yang lebah untuk mencari tahu bagaimana listrik dihasilkan.

Penelitian mereka mengungkapkan bahwa pigmen pada jaringan kuning lebah menyerap cahaya, sedangkan jaringan cokelat menghasilkan listrik. Secara Persis bagaimana lebah menggunakan listrik ini masih tidak sepenuhnya dipahami, Tulis plotkin.

'Ketika saya menjalankan percobaan saya, orang mengatakan kepada saya tidak pernah akan berhasil,' katanya. 'Tapi Saya sangat senang dengan hasilnya.'

Sementara sel surya menggunakan bahan buatan manusia biasanya 10 sampai 11 persen yang efisien untuk menghasilkan listrik, sel-sel lebah adalah hanya 0,335 persen efisien. Sebagai contoh, lebah masih mendapatkan sebagian besar energi dari makanan.Tapi itu bukan intinya, Plotkin kata.

'Kami telah melihat matahari berpengaruh langsung pada tanaman dan bakteri, tetapi tidak pernah sebelumnya pada hewan.'

Tim menemukan bahwa banyak jaringan berwarna coklat pada lebah mengandung melanin, pigmen yang melindungi sel - sel kulit manusia dengan menyerap sinar ultraviolet yang merusak dan mengubahnya menjadi panas.

Sebuah analisis struktural dari jaringan cokelat juga menemukan alur yang menangkap cahaya dengan menyalurkan sinar ke dalam jaringan dan membuatnya terpisah menjadi sinar yang lebih kecil.

Jaringan cokelat 'terlihat seperti jebakan cahaya, hanya satu persen cahaya cahaya yang disinarkan kembali,' kata Plotkin, studi yang muncul dalam edisi Desember jurnal Naturwissenschaften .

jaringan kuning lebah itu berisi pigmen xanthopterin , yang memberikan sayap kupu-kupu dan warna memberi warna urine mamalia. Ketika para ilmuwan membesarkan cahaya pada elektroda, pigmen dalam larutan itu menghasilkan listrik.

Entomologi Chris Lyal di London's Natural History Museum disebut studi 'penyelidikan luar biasa.'

'Aku ingin melihat perbandingan dengan struktur [exoskeleton] dari lebah lain yang tidak tampak mengumpulkan energi dari matahari. Secara teori, lebah lainnya harus memiliki lapisan exoskeleton yang terlihat sangat berbeda,' kata Lyal, yang tidak terlibat dalam penelitian itu.

Mungkin ada juga serangga lain yang memiliki kemampuan yang sama dalam hal menghasilkan listrik, Lyal ditambahkan.

'Misalnya, saya ingat tentang kupu-kupu Apollo di Pyrenees, yang membuka sayapnya di bawah sinar matahari sebelum terbang-mungkin hal itu dilakukan untuk menyerap radiasi matahari,' katanya.

'Aku ingin tahu betapa berbedanya jaringan lebah dari kupu-kupu Apollo itu.'


Sumber : danish56.blogspot.com
Lihat tenaga dalam yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top