GuidePedia

0



Ngaben adalah upacara pembakaran atau kremasi jenazah umat Hindu Bali. Dalam ajaran agama Hindu Bali, dipercaya bahwa jazad manusia dibentuk oleh 5 unsur yaitu api, air, tanah, udara, dan ether yang disebut dengan “Panca Maha Butha”.

Melalui upacara Ngaben ini, keluarga dari orang yang meninggal, ingin mengembalikan perwujudan badan kasarnya ke tempat asalnya yaitu api, air, tanah, udara, dan ether (Panca Maha Butha), sehingga jiwa (spirit, roh) yang bersemayam di badan kasar itu akan memperoleh tempat yang baik dialamNya yang disebut dengan istilah “Amor ring Acintya” (Bersatu dengan kepribadian Yang Maha Esa).

Dalam prosesi Ngaben, ketika api mulai disulut, perlahan-lahan kobaran api akan membesar dan mulai berkobar menyulut sosok jenazah. Lama-kelamaan kobaran api mulai menghanguskan jazadnya yang dipercaya akan melepaskan segala ikatan keduniawian dari orang yang meninggal itu. Bila ikatan keduniawian telah terlepas, maka semakin terbukalah kesempatan untuk melihat kebenaran dan keabadian kesucian Illahi di alam sana.

Beberapa hari sebelum upacara Ngaben dilaksanakan, keluarga dari orang yang meninggal dibantu oleh masyarakat membuat “Bade dan Lembu” yang sangat megah terbuat dari kayu, kertas warna-warni dan bahan lainnya. “Bade dan Lembu” ini merupakan tempat jenazah yang nantinya dibakar.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top