GuidePedia

0
Penemuan Keris Mbah Maridjan - Biasanya yang namanya seorang yang diutus langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pasti memiliki benda pusaka, apalagi dengan posisi sebagai juru kunci gunung merapi. Dan pada tanggal 28 oktober lalu penyisiran yang dilakukan oleh tim gabungan akhirnya menemukan keris mbah maridjan.


penemuan keris mbah maridjan


Keris yang ditemukan dan diduga merupakan pusaka yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat mengangkat Mbah Maridjan menjadi juru kunci gunung paling aktif di nusantara itu. Dugaan bahwa keris itu merupakan benda pusaka keraton karena pada ujung bagian atas warangkanya (serangka) ada lambang keraton Yogya.

Panjang keris tersebut sekitar 40 Cm dengan guratan khas besi baja di setiap sisinya dan Pusaka milik Mbah Maridjan itu diyakininya memiliki kekuatan magis.

'Waktu saya pegang, rasanya badan jadi anyes, dingin. Padahal di Kinahrejo sudah panas. Karena takut, terus tak serahkan ke kakak (Budi Prasetyo) saya,' terang pemuda kurus ini.
Selain keris, tim gabungan juga menemukan uang Rp599.900 dan slip gaji Mbah Maridjan atau slip paringan dalem sebagai juru kunci Gunung Merapi. Dari slip itu diketahui tiap satu bulan, Mbah Maridjan menerima gaji sebesar Rp 81.000. Sementara uang lainnya, milik istri Mbah Maridjan sebesar Rp400 ribu juga berhasil ditemukan. Uang tersebut diduga akan digunakan untuk kegiatan labuhan Gunung Merapi.

Rencananya keris tersebut akan diserahkan ke pihak keluarga Mbah Maridjan. Namun penyerahan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top