GuidePedia

0
Nih artikel yg aing tulis sendiri boi, sumbernya dari beberapa film dokumenter yang aing tonton, dan dari beberapa buku soal astronomi...

Langsung aja yah :

Selama manusia hidup di bumi, sejak dahulu, kita terus memandang ke langit dan bertanya-apa apa yang ada di atas sana. Apa itu cahaya-cahaya yang berkelap-kelip setiap malam? Dari mana datangnya? Apakah kita sendirian di jagat raya ini? Sampai manakah batas luar angkasa?

Pertanyaan demi pertanyaan memotivasi para pemikir di seluruh dunia untuk mencari jawabannya. Tapi setiap kali kita mendapat jawaban, hampir selalu kita disodorkan pada pertanyaan yang baru. Setelah kita tahu tentang tata surya, muncul pertanyaan tentang galaksi. Setelah kita tahu tentang galaksi, masih ada supercluster galaksi, big bang, dan seterusnya.

Artikel ini akan membahas 10 misteri luar angkasa yang sampai sekarang belum ada titik terangnya. Sepuluh misteri yang sampai sekarang masih membingungkan para astrofisik. Kita mulai dari nomor 10.

10. Sisi Lain Blackhole.:


Sejak blackhole (lubang hitam) diprediksi oleh para ilmuwan, tidak ada yang menyangka kalau hal seaneh blackhole bisa benar-benar ada di luar angkasa. Albert Einstein sendiri dulu yakin alam tidak akan memperbolehkan fenomena seaneh blackhole untuk eksis. Tapi sekarang kita sudah menemukan jutaan blackhole di luar sana, mulai dari seukuran raksasa (15-20 kali ukuran matahari) sampai yang super-raksasa (seukuran jutaan kali matahari) yang berdiam di setiap pusat galaksi besar.

Blackhole itu seperti sebuah lubang di luar angkasa yang begitu curamnya sehingga benda apapun yang dekat dengannya akan tersedot masuk kedalamnya, bahkan cahaya sendiri gak bisa lolos.

Misteri terbesar blackhole bukanlah bagaimana benda aneh ini bisa terbentuk, kita sudah tahu itu. Blackhole terbentuk ketika bintang raksasa sudah kehabisan bahan bakar sehingga ia ambruk ke pusat, terkompress sampai ukurannya sangat kecil, namun sangat 'berat', sehingga ia menusuk fabrik ruang waktu dan membentuk sebuah lubang dengan gaya tarik gravitasi yang mengerikan.

Bukan, misteri terbesarnya adalah, apa yang tersembunyi di dalam blackhole itu sendiri? Apakah hanya ada sebuah titik (yang dinamakan singularity) yang didalamnya ditemukan semua atom dari materi yang ia hisap? Atau mungkinkah lubang hitam adalah sebuah pintu ke universe lain, sebuah dunia lain, yang kini dikenal dan diakui ada oleh para ilmuwan sebagai paralel universe?


go inside a blackhole and live?

Intinya, kita tidak tahu apa yang ada di balik Blackhole, karena tidak ada benda apapun yang bisa keluar dengan selamat setelah masuk ke blackhole. Seandainya kita bisa masuk kedalam dan manjat keluar lagi untuk menceritakan pengalaman kita pada teman-teman. Yah, kita tidak bisa!

9. Kiamat Terjadwal?:
Topik tentang hari kiamat memang selalu menarik dan kontroversial. Sialnya, topik ini juga selalu tidak jelas. Aku tidak akan menjelaskan tentang fenomena 2012. Bukan. Yang ini lebih mengerikan, karena didukung oleh fakta, bukan hanya ramalan peradaban Mayan yang konyol.


kiamat.. oh no!


aah.. meteor lagi!

Bagaimana kalau bumi ini mendapat hari kiamat yang sudah terjadwal di setiap 26 juta tahun sekali? Kedengarannya konyol bukan? Tapi para paleontologi (ilmuwan yang mempelajari fosil) menemukan pola yang sangat aneh, bahwa kejadian pemusnahan massal, seperti yang yang terjadi pada dinosaurus 65 juta tahun yang lalu, tidak terjadi pada waktu yang random, tapi tampaknya terjadi pada periode yang teratur. Ini sangat aneh. Makhluk hidup dalam jumlah besar menghilang setiap 26 juta tahun sekali.

Astrofisik Richard Muller mempelajari hal ini dan mengemukakan penjelasan. Dia berteori bahwa ada sebuah bintang redup (dim red dwarf star) yang dia beri nama 'Nemesis', yang tersembunyi di ujung tata surya. Ia mengorbit matahari dengan lintasan yang super-lonjong, sehingga sebagian besar waktunya, ia berada jauh dari matahari. Ia berada diantara 1 sampai 3 tahun cahaya dari pusat tata surya kita. Ketika Nemesis mendekati matahari setiap 26 juta tahun sekali, orbitnya membawanya pada Oort Clouds, sebuah tempat di tata surya kita tempat bernaungnya jutaan komet yang mengelilingi tata surya kita. Saat itulah, orbit komet menjadi kacau. Gravitasi Nemesis menyebabkan lintasan dari banyak komet berubah, beberapa dari mereka terhempas dan menuju ke arah Bumi dan Merkurius, sehingga Bumi menjadi sasaran empuk.


Red dwarf star

Ada atau tidak nya Nemesis masih belum dibuktikan. Tapi para ilmuwan sudah mencari dengan keras, tanpa menemukan bintang yang punya orbit dan ciri-ciri pas dengan Nemesis. Di tahun 1997, sebuah misi NASA yang bernama Two Micron AllStar Survey (Two MAS) menggunakan 2 teleskop infrared untuk menjelajahi langit dan mencari Nemesis. Sampai sekarang, Two MAS sudah memberikan lebih dari 2juta gambar, tapi tidak ada Nemesis. Jadi kiamat berjadwal ini masih berupa misteri sampai sekarang.

8. Anti-Matter:
Nah, ini kesukaan gw! Hehe.. Siapa yang udah nonton film Angels and Demons, atau baca novelnya, karangan Dan Brown. Di novel itu, para ilmuwan jerman di CERN menciptakan anti-matter dalam kuantitas kecil, dan orang jahat menggunakan anti-matter itu untuk mengebom Vatican. Science Fiction? Maybe. Tapi Anti-Matter benar-benar ada.


gambaran antimatter di film Angels and Demons

Apa itu anti-matter? Sejak kecil kita diajari bahwa atom terdiri dari electron yang bermuatan negatif, dan proton yang bermuatan positif. Mereka membentuk 'materi' biasa. Ternyata ketika alam semesta ini tercipta, ada materi lain selain materi biasa yang juga tercipta, namanya anti-matter. Sebuah atom anti-matter punya electron yang bermuatan positif (positron) dan proton yang bermuatan negatif (antiproton). Sifat paling keren dari anti-matter adalah ketika ia bersentuhan dengan matter biasa, mereka akan saling menghancurkan dan mengeluarkan energi berupa foton (cahaya + panas) yang luar biasa.


Hidrogen dan anti-Hidrogen

Energi ledakan matter + anti-matter sangat luar biasa, jauh lebih kuat dari ledakan bom nuklir, karena 100% materi matter dan anti-matter diubah menjadi energi. Jadi bayangkan deh, taruh sesuap anti-matter di tangan kananmu, dan sesuap matter biasa di tangan kirimu, dan persatukan mereka. Energi ledakan yang dihasilkan setara dengan energi untuk menyalakan listrik di seluruh jakarta selama kira-kira 2 bulan!

Misteri Anti-matter adalah ini : ketika big bang terjadi, jumlah anti-matter diperkirakan setara dengan jumlah matter, tapi sekarang, dimanapun di luar angkasa kita lihat, semuanya terbentuk oleh matter biasa. Dimana semua anti-matter bersembunyi? Salah satu penjelasan adalah, ketika alam semesta tercipta, jumlah matter biasa sedikit lebih banyak dari jumlah anti-matter, jadi misalkan untuk setiap 1 milyar anti-matter, ada 1 milyar plus 1 matter biasa, maka 1 milyar anti-matter dan matter akan saling menghancurkan, meninggalkan 1 matter itu. Tidak ada ilmuwan yang tahu mengapa ada asimetri dari jumlah matter dan anti-matter pada awal waktu, tapi syukurlah pada asimetri itu, karenanya, kita bisa ada di dunia ini.

Apakah di suatu tempat di jagat raya masih ada stock anti-matter dalam jumlah besar? Kalau ada, ilmuwan belum menemukannya. Hanya ada sedikit anti-matter yang tercipta secara alami di pusat galaksi bima sakti. Dan ilmuwan di CERN benar-benar sudah bisa menghasilkan anti-matter dalam jumlah sangat sedikit dengan cara menumbukkan partikel-partikel dengan kecepatan super cepat (0.99999999999999..95 kali kecepatan cahaya). Tapi selain itu, keberadaan anti-matter masih berupa misteri.

sumber: http://www.kaskus.us/
Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top