GuidePedia

0


Purwakarta kaya akan objek wisata, dari mulai wisata air sampai gunung. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta, 68 km, menjadikan kota tersebut sebagai alternatif untuk berlibur.

Nama Purwakarta sebagai tempat tujuan wisata memang tidak sepopuler kawasan Puncak dan Bandung. Padahal, objek wisata yang ada di sana terbilang menarik untuk dikunjungi.

Sebut saja Waduk Jatiluhur, Curug Cipurut, Curug Agung, Danau Cirata, Situ Wanayasa, sumber air panas Ciracas, Gunung Parang, Gua Jepang, Desa Wisata Bojong, dan Situ Buleud.


Waduk Jatiluhur memiliki luas sekitar 30 ribu hektare. Tempat ini menawarkan berbagai kegiatan wisata seperti ski air, dayung, kemping, dan boating.

Sambil menikmati pemandangan alam yang cukup indah, wisatawan dapat melihat dari dekat terowongan air sepanjang 300 meter. Di sana, pengunjung juga dapat mengetahui secara langsung cara kerja pengaturan air yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).


Setelah Waduk Jatiluhur, objek wisata berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Situ Wanayasa yang terletak di Desa Wanayasa, kecamatan Wanayasa.

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Wanayasa dapat menikmati aneka makanan tradisional seperti bandrek, combro, getuk, hingga buah manggis Wanayasa yang kabarnya sudah diekspor ke berbagai negara.

Selain situ, Kecamatan Wanayasa memiliki pula objek wisata lain. Misalnya saja Curug Cipurut, Curug Agung, dan sumber air panas Ciracas yang jaraknya sekitar 8 kilometer dari Danau Wanayasa.


Curug Cipurut berada dalam Cagar Alam Gunung Burangrang. Pengelolaannya dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat I. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berendam, berkemah, dan tea walk.

Untuk mencapai curug, pengunjung yang berada di Jalan Tol Cipularang bisa keluar dari pintu Tol Sadang maupun Jatiluhur. Setelah itu masuk ke Kota Purwakarta menuju Wanayasa, lalu ke arah Kecamatan Bojong. Sekitar 300-500 meter dari situ ada pertigaan yang menuju Desa Sumurugul. Jarak antara pertigaan dan curug sekitar 1,5 kilometer.


Satu lagi yang terkenal dari Purwakarta adalah makanannya. Apabila berkunjung ke sana, jangan lupa mencicipi satai maranggi atau soto sadang. Salah satu kedai yang terkenal akan satai maranggi yang lezat adalah Sate Maranggi Cibungur.

Kedai tersebut berada di area terbuka dan berbatasan langsung dengan hutan jati. Kedai ini buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Khusus akhir pekan, kedai beroperasi hingga pukul 20.00 WIB.

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top