GuidePedia

0
Air Terjun = Curug (bahasa Sunda)


Curug Ciparay adalah sebuah curug pengantin, artinya pertemuan dua buah sungai yg membentuk satu sungai.


Curug pertama sangatlah besar debit airnya, jangankan untuk mandi, mendekatpun kita kesulitan. Curug yang kedua bisa dipakai untuk mandi, meski kolam curugnya tidaklah dalam, hanya selutut orang dewasa, dengan dasar pasir kerikil halus.

Curug Ciparay berada sekitar 30km dari Tasikmalaya. Dengan arah Tasikmalaya - Singaparna, lalu Singaparna - Cidugaleun (Parentas). Untuk mencapai curug ini jalan sekitar Singaparna - Cidugaleun sekitar 2 km cukup berlubang dan dibeberapa tempat berbatu-batu serta menanjak. Satu kali kita harus meliwati Tembok bendungan tanpa dinding penghalang. Di desa Cidugaleun sudah terlihat 'gerbang ' masuk Curug Ciparay. Mobil bisa parkir disekitar 'gerbang' ini.

Setelah berjalan kaki menuruni tebing sekitar 10-15 menit kita akan bisa melihat kedua curug indah ini (lihat gambar 1 diatas). Bila kita ingin mandi di curug kedua, tantangan yg harus kita lalui adalah menyebrangi sungai Ciparay.

Untuk menyeberangi sungai Curug 1, cukup sulit karena airnya dalam (sepinggang, kadang lebih) dan deras serta curahan air dari curug 1 yg besar cukup menyulitkan.

Ini video perjuangan menyeberangi sungai dekat curug 1:

Paling mudah adalah menyeberangi sungai diujung sungai curug 2. Disini arus sudah berkurang derasnya, kedalaman selutut.






Kirim Tempat Wisata anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top