GuidePedia

0

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, karena obyek wisata tersebut termasuk dalam kategori wisata unggulan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat menjadi pilihan saat Anda berlibur di Jawa Tengah:


Candi Borobudur
Tempat wisata yang masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia ini terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi peninggalan kerajaan Buddha ini kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Terdapat banyak arca Buddha di candi ini, semuanya hampir terlihat sama. Namun apabila Anda memperhatikan lebih detail, Anda akan menemukan perbedaan pada posisi sikap tangan arca-arca tersebut. Anda juga dapat menemukan sebuah arca

Buddha di dalam setiap stupa berterawang.


Museum Fosil Sangiran
Bagi Anda yang sangat menyukai peninggalan sejarah serta ingin menambah pengetahuan mengenai fosil purbakala, museum fosil Sangiran jangan sampai Anda lewatkan. Museum yang terletak di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini memiliki 13.086 koleksi fosil manusia purba dan merupakan situs manusia purba berdiri tegak yang terlengkap di Asia. Selain fosil manusia purba, Anda juga dapat menjumpai fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, fosil tumbuhan laut serta peralatan lain yang terbuat dari batu.


Guci Indah
Di tempat ini terdapat banyak pancuran air, air yang mengalir dari pancuran ke 7 dan pancuran ke 13 dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Guci Indah adalah sebuah obyek wisata alam yang terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter. Tempat ini berjarak ±30 km dari kota Slawi sedangkan dari kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 km ke arah selatan. Guci Indah merupakan salah satu obyek wisata yang dapat Anda kunjungi untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Di tempat ini Anda akan merasakan kesegaran alami pegunungan. Fasilitas yang tersedia di tempat ini diantaranya adalah penginapan, wisata hutan pinus, dan perkemahan.


Dieng
Tempat wisata terkenal lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Jawa Tengah adalah dataran tinggi Dieng yang terletak di kabupaten Wonosobo. Banyak obyek wisata yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke tempat ini, diantaranya adalah telaga warna, kawah Candradimuka, beberapa kompleks candi Hindu yang dibangun pada abad ke 7, beberapa goa yang terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang sering digunakan sebagai tempat olah spiritual, Dieng Volcanic Theater (teater untuk melihat film tentang gunung api di Dieng), Museum Dieng Kailasa (menyimpan artefak seta memberikan informasi tentang alam dan masyarakat Dieng).



Tawangmangu
Tempat wisata yang terletak di di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini dikelilingi hutan dan bukit-bukit. Obyek wisata utama yang banyak dikunjungi oleh para turis adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81m). Di tempat ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan penginapan. Tempat wisata lain yang dapat diakses dari Tawangmangu, diantaranya adalah Puncak Lawu, air terjun Pringgodani, dan Sentra Tanaman Hias (desa Nglurah).


Agro Wisata Kaligua
Perkebunan teh Kaligua ini berada di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Saat berkunjung ke tempat ini Anda dapat langsung menikmati hangatnya teh hitam Kaligua dan dapat membelinya sebagai oleh-oleh. Di sini Anda juga dapat menginap di beberapa vila milik perkebunan. Selain itu, di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, dan Makam Pendiri kebun Van De Jong, dan Telaga Ranjeng. Telaga Ranjeng adalah sebuah telaga yang berada di tengah hutan lindung yang dihuni oleh jutaan ikan lele jinak.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?