GuidePedia

0
Inti dari pusat kota-kota besar di seluruh dunia adalah denyut nadi budaya dan mesin ekonomi daerah perkotaan di mana jutaan orang hidup. Cakrawala kota adalah

ciri khas kota itu. Semua kehidupan perkotaan dimulai setiap hari dan berakhir setiap malam di bawah pengawasan gedung-gedung pencakar langit tertinggi dan struktur bangunan arsitektur termegah di kota. Jadi bersantai dan nikmatilah pemandangan yang mereka tawarkan!

Skyscraper

#1 Hong Kong, Cina

Hong Kong, China

Kota Hong Kong memiliki cakrawala termegah di dunia. Hong Kong memiliki 43 gedung dengan ketinggian lebih dari 200 meter, 30 di antaranya dibangun pada tahun 2000 atau setelahnya. Ada juga sejumlah kondominium perumahan dengan 60 tingkat. Hong Kong juga menawarkan empat dari 17 gedung tertinggi di dunia. Yang berarti 20% dari 20 besar, semua itu dalam satu kota. Egbert Gramsbergen dan Paul Kazmierczak telah menjuluki Hong Kong “Kota Tertinggi di Dunia” dalam Daftar Peringkat Kota-kota Pencakar Langit online mereka yang disebutkan dalam Arsitektur Almanac pada tahun 2006. 

Bertentangan dengan kepercayaan umum, cakrawala Hong Kong menunjukkan sejumlah besar menara yang mencapai langit, tidak hanya apartemen-apartemen berbentuk balok. Pada malam hari, gedung-gedung tinggi ini berkelap-kelip dengan cahaya dan pantulannya. Kota ini menghadirkan pencakar langit dan cakrawala yang sangat modern. Inilah yang membuat cakrawala Hong Kong menjadi yang termegah di planet ini.

Hong Kong, China
Hong Kong, China
Hong Kong, China

#2 Chicago, Amerika Serikat

Chicago, USA

Chicago adalah tempat kelahiran gedung-gedung modern pencakar langit. Ketika gedung baja yang menjulang tinggi pertama dibangun di Chicago pada tahun 1885, ia bukanlah struktur bangunan tertinggi di dunia tetapi merupakan contoh pertama dari teknik pembangunan baru yang kemudian mengubah hampir setiap kota di bumi. Chicago memiliki 20 bangunan dengan tinggi lebih dari 200 meter (tiga di antaranya termasuk dalam 20 bangunan tertinggi di dunia, juga tertinggi di Amerika Utara). 

Kota ini memiliki beberapa arsitektur abad pertengahan dan contoh pencakar langit modern terbaik. Cakrawala kota ini memiliki banyak pemandangan istimewa yang mengubah polanya dengan begitu halus bila dilihat dari sudut yang berbeda. Seperti Hong Kong dan New York, pencakar langit Chicago benar-benar tersusun rapi di sepanjang garis pantai dan menciptakan efek cakrawala yang sebenarnya.

Chicago, USA
Chicago, USA
Chicago, USA

#3 New York, Amerika Serikat

New York, USA

Kota New York memiliki cakrawala yang sangat padat dan beragam, dengan banyak bangunan yang gayanya berbeda-beda. Untuk itu, kota ini patut berterima kasih kepada obsesi seniman dan Hollywood mereka, pemandangan kota ini juga merupakan pemandangan yang paling mudah dikenali di dunia. Kota New York memiliki 48 bangunan luar biasa dengan ketinggian lebih dari 200 meter, paling banyak di dunia. Kota ini mungkin memiliki warisan terbesar dalam hal pencakar langit. Keempat bangunan tertinggi di kota New York dibangun pada awal 1930-an. 

Gedung yang terkenal, sekarang menara World Trade Center yang telah hancur, gedung Empire State, patung Liberty dan gedung PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) menjadikan kota New York ibukota finansial dunia barat. Cakrawala New York mungkin memiliki arsitektur yang paling kompak dan mengagumkan dari hampir setiap titik di kota. Pola pencakar langit New York benar-benar membuat efek cakrawala terhadap horisonnya, tapi kota ini mungkin akan tampil lebih baik bila dipandang dari dalam ke luar dan sekitarnya daripada dilihat dari kejauhan.

New York, USA
New York, USA
New York, USA

#4 Shanghai, Cina

Shanghai, China

Tidak salah dijadikan sebagai stasiun ruang angkasa, Shanghai adalah kota yang sebenarnya. Kota terbesar dan termaju Cina, Shanghai disebut-sebut sebagai salah satu kota paling modern pada pergantian abad ke-20, namun kehilangan kejayaannya karena aturan represif yang berlangsung lama. Sekarang kota ini dengan cepat mendapatkan kembali posisinya sebagai salah satu pembangkit ekonomi terbesar di dunia. 

Shanghai menjadi sebuah karya arsitektur modern dan dengan cepat menghadirkan banyak gedung yang mencapai langit pada sepanjang tepi garis pantai setengah lingkaran di kawasan Pudong. Di Shanghai Anda akan menemukan 35 struktur bangunan yang lebih dari 200 meter dan dua yang lebih dari 400 meter termasuk dua yang luar biasa tinggi yaitu Menara TV Oriental Pearl (468 m) dan Shanghai World Financial Center (492 m).

Shanghai, China
Shanghai, China
Shanghai, China

#5 Singapura, Singapura

Singapore, Singapore

Salah satu kota metropolitan yang paling rapi dan bersih, Singapura tampak seperti model arsitektur kota yang benar-benar hidup. Walaupun bangunan-bangunannya tidak dapat lebih tinggi dari 280 meter dikarenakan pembatasan lalu-lintas udara, kota ini telah menambahkan tinggi bangunan (tetapi tidak terlalu tinggi) yang konsisten dan pola ruang yang membuat cakrawala yang unik. Tiga bangunan berketinggian tepat 280 meter dan enam lainnya hanya 200 meter. Kebanyakan bangunan berwarna terang dan terbentang luas titik-titik hijau di sekitar pusat kota. Kota tenggara jelas merupakan yang paling megah di kota ini.

Singapore, Singapore
Singapore, Singapore
Singapore, Singapore

#6 Tokyo, Jepang

Tokyo, Japan

Tokyo adalah kota terpadat di dunia dan dianggap sebagai ibukota dunia timur. Cakrawalanya memiliki sejumlah karakteristik unik yang membedakannya dari cakrawala kota besar lain, di antaranya 18 struktur bangunan yang lebih dari 200 meter (termasuk Menara Tokyo yang berubah warna setiap malam). Namun karena kepadatan dan luasnya kota, setiap sudut tampaknya memiliki cakrawalanya masing-masing. Dengan pembatasan tinggi dan cahaya merah yang terpancar di atas semua gedung berukuran menengah hingga tinggi membuat kota tampak menakjubkan di malam hari. 

Tokyo penuh dengan cahaya neon dan arsitektur kontemporer yang unik, dan seperti kota New York, Tokyo juga sering digambarkan dalam film-film dikarenakan perkotaannya yang indah dan menarik. Gunung Fuji terbentang dari jauh, menghasilkan kontras teknologi dengan alam. Tokyo bahkan menyediakan armada helikopter terbesar di dunia untuk mengitari kota saat lalu lintas terlalu padat.

Tokyo, Japan
Tokyo, Japan
Tokyo, Japan

#7 Toronto, Kanada

Toronto, Canada

Toronto adalah tempat bertemunya banyak budaya dan etnis. Toronto memiliki 7 struktur bangunan yang lebih dari 200 meter di cakrawalanya, termasuk Menara CN setinggi 553 meter, yang sering disebut sebagai bangunan tertinggi yang berdiri bebas di Amerika Utara. Saat ini, Menara CN (Canada’s National atau Nasional Kanada) memiliki dek observasi tertinggi di dunia, membuat cakrawala kota ini salah satu yang paling mudah dikenal. 

Toronto juga berisi banyak arsitektur terkenal yang beragam, termasuk balai kotanya. Toronto juga memiliki salah satu kawasan finansial terpadat di Amerika Utara yang hanya dikalahkan oleh New York dan Chicago. Toronto masih dalam pemulihan setelah terjadi ledakan di mana kondominium 30 tingkat berserakan di sepanjang tepi danau dan pinggiran kota.

Toronto, Canada
Toronto, Canada
Toronto, Canada

#8 Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia

Kota ini mungkin adalah kota yang paling mengesankan di seluruh dunia dengan kurang dari 2 juta penduduk. Bangunan modern luar biasa yang mencapai langit dan karena cakrawalanya bukan yang terpadat, kota ini memungkinkan bangunannya untuk menjulang tinggi dan berdiri menantang. Kuala Lumpur memiliki 10 struktur bangunan yang lebih dari 200 meter dengan tiga di antaranya berada di antara 25 gedung tertinggi di seluruh dunia. Kuala Lumpur juga merupakan tempat bagi bangunan kembar tertinggi, menara Petronas serta Menara Kuala Lumpur setinggi 420 meter. Bersama dengan Singapura, Kuala Lumpur disebut sebagai kota perbatasan yang menggemuruhkan revolusi ekonomi Asia Tenggara.

Kuala Lumpur, Malaysia
Kuala Lumpur, Malaysia
Kuala Lumpur, Malaysia

#9 Shenzhen, Cina

Shenzhen, China

Apa yang dulu adalah sebuah desa nelayan kecil di perbatasan Hong Kong pada tahun 1970 kini kota metropolis yang ramai dengan lebih dari enam juta orang. Sudah berisi 20 bangunan dengan tinggi lebih dari 200 meter, termasuk Shun Hing Square (bangunan tertinggi ke-8 di dunia), pembangunan belum berhenti. Ada foto-foto kota Shenzhen beredar di Web yang tampak begitu nyata, para ahli dan penggemar berdebat apakah foto tersebut direkayasa atau nyata. 

Shenzhen adalah sebuah pertunjukan cahaya dan kelap-kelip neon yang luar biasa setelah matahari terbenam, Anda akan dibuat takjub dan bertanya-tanya apakah Anda berada dalam permainan video atau di sebuah kota yang sebenarnya. Satu-satunya kelemahan cakrawala Shenzhen adalah kota ini sering dikritik karena tingkat kabut asap yang tinggi.

Shenzhen, China
Shenzhen, China
Shenzhen, China

#10 Seattle, Amerika Serikat

Seattle, USA

Seattle adalah pusat teknologi komersial dan budaya yang maju di barat laut Amerika Serikat dan sebuah kota pelabuhan utama untuk perdagangan Pasifik dan Eropa. Dengan empat bangunan di atas 200 m dan menara observasi Space Needle setinggi 184 m yang terkenal, Seattle dikelilingi oleh pegunungan dan air dapat menawarkan banyak pemandangan yang sempurna. 

Seattle sering disebut sebagai Kota Emerald dan terkenal sebagai kota sosial dan perusahaan besar dengan infrastrukturnya yang luar biasa. Perencanaan ini spektakuler, karena membantu menciptakan efek seperti bukit pada bayangan hitam cakrawalanya, bila ditambahkan latar belakang gunung maka kota ini pun hampir menjadi gambar yang sempurna.

Seattle, USA
Seattle, USA
Seattle, USA

#11 Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai, Emirates or Arab

Apakah ini fatamorgana di Timur Tengah? Entah dari mana muncul sebuah kota di tengah gurun. Ini adalah Dubai, sebuah kota yang hanya memproduksi arsitektur modern terbaik di dunia. Sudah menjadi tempat bagi semua bangunan hotel tertinggi di dunia dan semua bangunan perumahan tertinggi ke-2 di dunia, dan saat ini sedang membangun struktur bangunan tertinggi di dunia yang membuat cakrawala ini bisa melompat ke posisi pertama dalam waktu dekat. 

Mungkin juga tidak. Meskipun ada banyak publisitas berlebihan di sekitar kota, para pakar setuju bahwa kota ini masih kekurangan infrastruktur sosial-budaya tertentu dan pola yang menjadi ciri khas Dubai. Dari segi cakrawal, kota ini belum dapat bersaing dengan kota-kota besar, namun bangunan individu di Dubai sejauh ini merupakan contoh prestasi arsitektur modern yang terbesar. Semua 33 struktur bangunan kota ini lebih dari 200 meter dan dibangun pada tahun 1999 atau setelahnya yang menunjukkan masih barunya kota ini.

Dubai, Emirates or Arab
Dubai, Emirates or Arab
Dubai, Emirates or Arab

#12 Seoul, Korea Selatan

Seoul, South Korea

Pencakar langit kota ini terbagi dalam banyak kelompok, tersebar di antara kawasan bisnis utama dan pemukiman. Sebagian besar pertumbuhan akhir-akhir ini di cakrawala Seoul termasuk menara-menara perumahan dengan tinggi lebih dari 60 lantai yang menjulang seperti rerumputan. 

Ada 11 bangunan di Seoul dengan tinggi lebih dari 200 meter dan banyak struktur bangunan bertingkat tinggi hingga menengah berbaris membentuk garis, menciptakan dinding bangunan yang tidak ada duanya. CBD (Central Business District atau Pusat Kawasan Bisnis) Seoul adalah rangkaian dari sekelompok bangunan yang menghadap ke segala arah. Seoul merupakan tempat percampuran dunia timur kuno dengan barat modern. Seoul dianggap sebagai salah satu kota berteknologi paling maju di bumi.

Seoul, South Korea
Seoul, South Korea
Seoul, South Korea

#13 Sydney, Australia

Sydney, Australia

Kota termegah Australia, Sydney memiliki salah satu cakrawala yang paling dikenal karena pelabuhannya yang terkenal di dunia, sering disebut sebagai pelabuhan alami yang paling indah di dunia. Pelabuhan Sydney memiliki banyak teluk dan liku-liku, terbentang oleh jembatan pelabuhan yang luar biasa, dan Opera House menempati garis pantai seperti kembang putih. Cakrawala Sydney berkelas dunia dengan ratusan pencakar langit di kawasan pusat bisnis dan masih banyak lagi gedung-gedung bertingkat tinggi di daerah terpencil. Sydney memiliki 8 bangunan yang lebih dari 200 meter.

Sydney, Australia
Sydney, Australia
Sydney, Australia

#14 San Francisco, Amerika Serikat

San Francisco, USA

Meskipun San Francisco memiliki populasi besar di daerah terpencil, kota ini juga padat di daerah semenanjung. Hal ini menjadikannya kota kedua terpadat di Amerika Serikat, setelah New York. San Francisco adalah salah satu cakrawala Amerika Utara dengan sedikit perkembangan belakangan ini, tapi masih merupakan tempat bagi Piramida Transamerika klasik (sebuah arsitektur klasik) yang juga satu dari tiga menara dengan tinggi lebih dari 200 meter. Jembatan gerbang emas yang terkenal dan air serta pegunungan di sekitarnya membuat cakrawala kota ini mempesona dilihat dari hampir semua sudut pandang.

San Francisco, USA
San Francisco, USA
San Francisco, USA

#15 Frankfurt, Jerman

Frankfurt, Germany

Frankfurt adalah satu-satunya kota di Eropa yang masuk 15 besar. Tentu saja salah satu kota Eropa yang paling menarik dalam hal cakrawala, Frankfurt memiliki lima struktur bangunan yang lebih dari 200 meter. Pencakar langit modern ini adalah keajaiban dibandingkan dengan yang ada di kota-kota lain, sebagian besar tidak ada yang tersebar di kota-kota Eropa lainnya. Kontras kota ini sangat menarik. Frankfurt menggabungkan arsitektur tradisional Eropa yang bertingkat rendah dan berkepadatan tinggi (beberapa di antaranya lebih dari 1.000 tahun), dengan menara modern yang menjulang tinggi. Menara Commerzbank sering digolongkan oleh hasil polling dan para pakar sebagai salah satu pencakar langit terbaik di dunia.

Frankfurt, Germany
Frankfurt, Germany
Frankfurt, Germany

Subscribe to wisben.com on blogger by Email

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top